JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Lestarikan Bumi Papua, Mayor Arm Hasran Harahap Pimpin Penanaman Ratusan Pohon Alpukat di Lanny Jaya. Warga Rame-Rame Mendukung

Pabung Sat BKO Kodim Lanny Jaya, Mayor Arm Hasran Harahap saat berpose bersama tokoh dan warga Lanny Jaya dalam kegiatan penanaman ratusan pohon alpukat untuk mencegah longsor. Foto/Wardoyo
   

JAYAPURA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musibah banjir bandang yang melanda Jayapura beberapa hari lalu, memberi hikmah bagi banyak pihak.

Tak ingin musibah serupa terulang, Kodim setempat langsung berinisiatif melakukan penghijauan dengan penanaman pohon.

Kegiatan itu diprakarsai Satuan BKO Kodim Persiapan Lanny Jaya dengan menggelar aksi Lanny Jaya Hijau, Rabu (12/1/2022).

Ratusan bibit pohon alpukat disemai dan sebagian sudah siap tanam. Kegiatan dilakukan dengan penanaman perdana di lahan Desa Golomi, Kecamatan Wiringganbut, Kabupaten Lanny Jaya.

Pabung Kodim Persiapan Lanny Jaya, Mayor Arm Hasran Harahap mengatakan penanaman pohon ini sebagai wujud dalam membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dari sisi pertanian.

Baca Juga :  Analisis Pakar: Kaesang Bisa Menjadi Lawan Kuat PDIP di Pilgub Jateng 2024

Selain itu, penanaman itu juga sekaligus wujudkan Lanny Jaya Hijau untuk mencegah erosi dan longsor maupun banjir.

Menurutnya kegiatan itu sebagai upaya melestarikan lingkungan yang menjadi salah satu perhatian bagi Personel Sat BKO Kodim Persiapan Lanny Jaya.

Sebab lingkungan yang tidak terjaga dan dirawat dengan baik akan menjadi petaka bagi warga.

Salah satu tugas Pokok Sat BKO Kodim Persiapan Lanny jaya adalah memonitor bencana alam.

Baca Juga :  Lima Kader NU yang Temui Presiden Israel Terbuka Peluang untuk Dijatuhi Sanksi

“Aksi ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, melalui penanaman pohon Alpukat ini, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim hujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari harapan kita nantinya meningkatkan penghasilan masyarakat,” kata Mayor Arm Hasran Harahap.

Kegiatan tersebut mendapat antusias dan dukungan warga karena dengan adanya banyak bibit tanaman yang ditanam dapat mengajarkan kepada warga tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Ini sekaligus supaya menambah perekonomian bagi masyarakat,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com