JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menteri Pertanian Bakal Kunjungi Sragen Senin Besok, Sejumlah Poktan Bakal Diguyur Bantuan. Simak Daftar Kelompok Tani yang Dikunjungi dan Dapat Bantuan!

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo / republika
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah dikunjungi Presiden Jokowi, Sragen kembali bakal kedatangan tamu penting dari kalangan menteri.

Kali ini, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan bakal melakukan kunjungan kerja sehari di Bumi Sukowati.

Kunjungan dijadwalkan digelar Senin (10/1/2022) mulai pukul 12.00 WIB sampai 16.00 WIB. Selama empat jam, Mentan dijadwalkan akan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari kunjungan ke kelompok tani hingga pembagian bantuan alat mesin pertanian.

PLT Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan kunjungan Mentan itu dilakukan dalam rangka panen raya kacang tanah di Desa Bendungan, Kedawung.

Selain itu, Mentan juga akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MOU pemanfaatan lahan milik PTPN IX dengan petani masyarakat kawasan hutan.

Baca Juga :  Tanpa Restu Bapak, Untung Wina Sukowati Calon Bupati Sragen 2024 Nekat Maju Lewat Partai Demokrat: Ini Tekat Saya Sendiri

“Nanti ada beberapa rangkaian kegiatan. Yang pertama adalah panen kacang tanah di Bendungan, Kedawung. Karena ternyata Sragen juga menjadi salah satu daerah potensial penghasil kacang-kacangan salah satunya kacang tanah,” paparnya seusai memimpin rapat persiapan penyambutan Mentan, Sabtu (8/1/2022).

Terkait itu pula, akan dilakukan penandatanganan MOU antara petani dengan PTPN IX yang disahkan oleh Mentan.

Dilanjutkan penandatanganan MOU BUMDes dengan off taker kacang tanah yang disaksikan Mentan dan Bupati Sragen.

“Jadi penandatanganan MoU itu berorientasi agar masyarakat di kawasan hutan bisa bekerjasama dengan PTPN sehingga lahannya bisa ditanami kacang tanah,” terang Tatag.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

Lebih lanjut, Sekda Sragen itu menjelaskan Mentan juga dijadwalkan melakukan penandatanganan prasasti di kostraling Gapoktan Ngudi Makmur di Purworejo Gemolong dan lmbung pangan masyarakat di Sidomulyo, Celep, Kedawung.

Dalam kunjungan nanti juga diagendakan penyerahan bantuan kepada Poktan di beberapa desa.

Di antaranya traktor roda 4 untuk Poktan Sri Loko 2 Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, bantuan mesin pemanen padi atau combine harvester untuk Poktan Sri Rejeki 2 Desa Patihan, Sidoharjo.

Kemudian pencanangan kegiatan IP400 Jawa Tengah seluas 25.000 yang ditandai dengan penyerahan bantuan benih super genjah ke Poktan Sri Makmur, Desa Plosokerep, Karangmalang. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com