JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah Kembangkan Industri Sektor Kesehatan

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kemandirian nasional merupakan bekal bagi Bangsa Indonesia untuk keluar dari pandemi, dan menjadi negara yang lebih kuat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kemandirian tersebut salah satunya ditentukan oleh perekonomian nasional yang sehat.

Sementara, pemulihan ekonomi nasional tidak terlepas dari pemulihan yang terjadi di sektor industri.

Pasalnya, menurut Menko Airlangga, sektor ini menopang 19,15% dari perekonomian nasional. Optimisme sektor industri masih terlihat pada triwulan IV-2021, yang ditandai dengan PMI Manufaktur kembali berada di wilayah ekspansif dengan mencatatkan angka 53,5 pada Desember 2021.

Baca Juga :  Walikota Ambon Diciduk KPK Terkait Dugaan Kasus Suap

Utilisasi Industri Pengolahan juga terus meningkat dan mencapai yang tertinggi dengan capaian 67,6%. Impor Barang Modal dan Bahan Baku masing-masing tumbuh 23,1% dan 60,5% (yoy) pada November 2021.

Seluruh indikator mencerminkan bahwa sektor industri di tanah air semakin solid dalam menopang pemulihan ekonomi nasional.

Momentum perbaikan dari sektor industri ini, tentunya menjadi hal yang baik bagi para pelaku industri termasuk di dalamnya para insinyur dan akademisi di bidang ilmu Teknik Industri.

“Sebagaimana kita harus beradaptasi di masa pandemi, para insinyur Teknik Industri juga harus beradaptasi menghadapi era Industri 4.0 yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan layanan konsumen secara global,” ujar Menko Airlangga dalam acara Puncak 50 Tahun Dies Natalis Teknik Industri – Institut Teknologi Bandung, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga :  IDI Beri Apresiasi untuk Airlangga Hartarto yang Telah Kendalikan Pandemi Covid-19

Salah satu yang menjadi fokus pengembangan Pemerintah yakni industri sektor kesehatan. Industri kesehatan termasuk di dalamnya industri farmasi, merupakan salah satu sektor yang sangat diutamakan terutama dalam kondisi pandemi saat ini.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua