JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Agar Tinggi Badan Anak Optimal, Aktivitas Fisik Bisa Membantu

Dua anak sedang melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pertumbuhan tinggi badan anak akan mencapai puncaknya menjelang hingga saat remaja. Selain faktor keturunan, pertumbuhan badan anak dipengaruhi oleh faktor makanan.

Untuk mencapai pertumbuhan yang optimal anak-anak membutuhkan perawatan ekstra, nutrisi, dan vitamin esensial untuk mendukungnya.

Meski tinggi badan anak banyak dipengaruhi faktor genetik, lingkungan juga sangat membantu. Banyak orang tua berfokus pada nutrisi dari makanan dan suplai vitamin yang tepat untuk anak, tapi ternyata itu saja belum cukup.

Ini adalah 4 tips yang bisa Anda ikuti agar tinggi badan anak tumbuh optimal, seperti dilansir Pinkvilla, Senin, 7 Desember 2020.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

1. Pola makan seimbang

Pastikan anak mengikuti diet atau pola makan dengan gizi yang seimbang. Tulang mereka perlu diperkuat untuk menopang ketinggian. Diet seimbang harus mencakup nutrisi karbohidrat, lemak dan protein. Jauhkan dari junk food dan minuman soda. Tambahkan makanan kaya seng seperti biji labu dan kacang karena memiliki pengaruh besar pada pertumbuhan anak.

2. Tidur yang cukup

Tidur terbukti bisa menjadi faktor dalam meningkatkan pertumbuhan tinggi badan anak. Tidur yang cukup selama 8 jam membantu anak tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat, bahkan untuk jangka panjang.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

3. Postur yang baik

Mempertahankan postur tubuh yang baik, duduk dengan punggung lurus membantu meningkatkan ketinggian. Postur yang baik menghilangkan stres pada tulang belakang sehingga tidak mengganggu pertumbuhan anak.

4. Aktivitas fisik

Beberapa aktivitas fisik bisa membantu, seperti skipping. Selain bermanfaat untuk jantung, skipping juga membantu pertumbuhan badan anak agar tinggi. Ketika lompat, tubuh meregang dan merangsang pertumbuhan vertikal.

Latihan peregangan, terutama untuk leher, juga bisa membantu. Ini dapat berdampak besar pada anak. Latihan ini memfasilitasi proses pertumbuhan tinggi pada anak-anak dan otot menjadi kuat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com