JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Disambati Petani Sragen Harga Gabah Murah, Jawaban Dirjen Kementan: Petani Tangguh Tidak Akan Ngeluh!

Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Suwandi saat hadir di Jambanan, Sidoharjo, Sragen, Sabtu (5/2/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kunjungan Komisi IV DPR RI ke kawasan pertanian di Desa Jambanan, Sidoharjo, Sragen, Sabtu (5/2/2022) menyisakan cerita menyesakkan.

Cerita itu hadir saat sesi dialog interaktif antara petani dengan pejabat pusat baik DPR RI maupun Kementerian Pertanian.

Sang Menteri memang tidak hadir dan diwakili oleh Dirjen Tanaman Pangan, Suwandi di forum yang dihadiri rombongan anggota Komisi IV DPR RI yang dipimpin Dedi Mulyadi.

Sang Dirjen hari itu memang tak cukup bersahabat dengan keluhan petani. Dari beberapa problem yang diutarakan petani, ia membalas dengan sangat enteng.

Baca Juga :  Mantan Walkot Blitar Samanhudi Anwar Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar: Aksi Perampokan Disebut Direncanakan dari Lapas Sragen 

Tak hanya soal pupuk bersubsidi yang dinilai kebutuhan petani 1 ton 1 hektare terlalu boros, Dirjen juga memberi jawaban mengejutkan saat dicurhat soal anjloknya harga gabah saat panen raya tiba.

Harga gabah kering panen MT 1 di bawah Rp 4.000 Pak. Kami harap lahan satu hektare kalau kita kalkulasi modalnya sudah Rp 28 juta. Kadang lakunya cuma Rp 24 sampai Rp 25 juta. Kalau bisa harga gabah dinaikkan berapa lah pak biar kami untung,” ujar Ketua Gapoktan Jetak, Sidoharjo, Didik Sunardi saat menyampaikan keluhannya di depan forum.

Baca Juga :  Bazar Durian Akbar 2023 dan Hiburan Warga Akan Digelar di Desa Gempolan, Catat Tanggalnya!!

Mendengar itu, Dedi Mulyadi kemudian menanyakan berapa harga gabah yang diinginkan petani agar mendapat untung.

Didik kemudian menjawab pemerintah yang lebih tahu dan paham. Yang jelas ia dan petani lainnya hanya ingin agar saat panen raya, harga gabah bisa distabilkan sehingga petani tak merugi.

“Kalau dibeli Rp 700.000 per kuintal (Rp 7000/kg) mau nggak?,” tanya Dedi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com