JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Info Maszeh, Bank Plecit Dilarang Masuk Pasar di Wonogiri, Sudah Ada Regulasinya Loh

Patroli
Polisi bersenjata lengkap melaksanakan patroli di Pasar Kota Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri Wahyu Widayati mengatakan pihaknya berupaya memerangi bank plecit atau rentenir. Khususnya yang masuk ke dalam pasar.

Namun masih ada juga bank plecit yang kucing-kucingan dengan petugas. Padahal sudah ada regulasi jelas soal itu. Dimana bank plecit dilarang masuk pasar.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Begini Cara Badal Haji yang Benar Plus Panduan dan Tahapan Badal Haji Resmi

“Di Perda Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pasar Tradisional, rentenir tidak boleh masuk pasar. Sebenarnya kita sudah sosialisasikan, termasuk juga meminta BUMD atau bank Himbara untuk ikut disitu. Kalau itu ‘kan legal, nggak mungkin berani menyalahi aturan,” kata Wahyu menanggapi kasus dugaan penganiayaan oknum bank plecit terhadap tiga warga Wonogiri, baru-baru ini.

Baca Juga :  Korban PMK, 25 Ekor Ternak di Wonogiri Dimatikan 292 Suspek 280 Sembuh, Soal Penyembelihan Hewan Kurban Bagaimana?

Menurut Wahyu, banyak bank plecit yang berkedok koperasi. Karena itu dia juga meminta masyarakat waspada. Sebab, salah satu ciri koperasi yang legal adalah berbadan hukum. Perihal koperasi juga sudah ada aturan yang berlaku.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua