JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Peringati Hari Baden Powell, Ratusan Siswa dan Guru MTSN 4 Sragen Dikerahkan Tanam Pohon dan Tanaman Hias

Para siswa dan guru MTsN 4 Sragen saat melakukan giat tanam pohon memeringati hari Baden Powell. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Memperingati Hari Lahirnya Baden Powell yang ke 165, Gerakan Pramuka Gugus depan MTsN 4 Sragen mengadakan aksi tanam pohon dan tanaman hias, Selasa (22/2/2022).

Kegiatan Baden Powell Day itu digelar sejak pukul 07.00 WIB hingga siang. Diawali dengan upacara bendera kemudian atraksi dari dewan ambalan pramuka, dilanjutkan dengan ratusan pohon dan tanaman hias.

Ratusan siswa dan dibantu guru bergotong royong menanam pohon di sekitar madrasah.

Adapun pohon yang ditanam adalah pohon kenanga. Pohon ini dipilih karena bisa cepat tumbuh, mudah dalam perawatan dan indah, selain itu pohon ini jiga bisa ditanam di berbagai iklim.

Selain kenanga, para siswa dipandu oleh wali kelas juga menanam tanaman hias dengan menggunakan media kaleng bekas untuk memanfaatkan limbah yang ada di sekitar madrasah.

Baca Juga :  Karang Taruna Prima Sejati Dukuh Driyan, Masaran Gelar Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Kalangan Anak Muda

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto mengungkapkan kegiatan itu rutin digelar setiap tahun di madrasahnya.

Sebab pohon memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia meski banyak yang kurang peduli akan manfaat keberadaan pohon itu sendiri.

“Sehingga hari ini kita hadir dalam aksi menanam pohon yang merupakan manfaat dari penghijauan. Ini sebagai tanda kita mencintai lingkungan yang merupakan aplikasi dari dasar darma cinta alam dan kasih sayang terhadap sesama,” paparnya.

Sumanto menyampaikan kegiatan penanaman pohon juga mengandung sebuah makna luhur.

Yaitu penanaman kembali nilai-nilai luhur yang telah diusung oleh Baden Powel. Selanjutnya nilai-nilai tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan berpramuka dan pembelajaran di Indonesia.

Baca Juga :  Abaikan Keselamatan, Tower BTS di Desa Purworejo Gemolong Sragen Diam-Diam Nekat Perpanjang Izin Tanpa Persetujuan Warga, Warga Bakal Demo Besar-Besaran Jika Tidak Segera Dibongkar !

Kegiatan tanam pohon juga diharapkan bisa menggugah semangat cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Selama empat tahun berturut-turut MTs N 4 Sragen selalu memperingati Hari Baden Powell dengan penanaman pohon dan beberapa kegiatan positif dan inovatif lainnya sesuai dengan slogan kami terus bergerak untuk yang terdepan. Kami juga memperoleh hasil dari kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun tersebut yaitu juara 1 sekolah Adiwiyata dan juara 2 lomba inovasi lingkungan hidup tingkat Kabupaten Sragen serta tahun kami mohon doa restunya untuk ikut lomba sekolah adiwiyata tingkat propinsi,” imbuh Sumanto. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com