JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Satu Pendaki Gunung Lawu Meninggal Dunia. Jumlah  Rombongan 115 Orang Jamaah Spiritual Ponpes Mambong Banyu Biru Salatiga

Proses evakuasi terhadap jasad pendaki gunung Lawu yang meninggal karena hipotermia / Foto: Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Seorang pendaki bernama Yusuf (40) warga Kota Tangerang meninggal dunia saat mendaki Gunung Lawu, Karanganyar, Senin (28/2/2022).

Korban merupakan bagian dari  115  anggota rombongan jamaah spiritual Ponpes Mambong, Banyu Biru, Salatiga, Jateng.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM menyebutkan rombongan Ponpes tersebut mendaki Gunung Lawu sejak Sabtu (26/2/2022).

Tujuan rombongan tersebut hendak melakukan ritual doa-doa di Gunung Lawu dan sedianya Senin (28/2/2022) turun dari Gunung Lawu.

Namun sesampai pos 4 sekitar pukul 01.30 WIB  Yusuf mengalami Hipotermia kedinginan akut.

Berbagai pertolongan temannya dilakukan hingga membakar mantol untuk api-api penghangat tubuh.

Setelah tidak ada perubahan akhirnya rombongan tersebut menghubungi petugas jaga atau relawan Gunung Lawu. Selanjutnya sebanyak 70 relawan yang ada di Karanganyar naik ke Pos 4 untuk mengevakuasi korban.

“Korban berhasil dievakuasi hingga dibawa ke Puskesmas Tawangmangu pukul 07.00 WIB pada posisi masih hidup meski lemas dan tak sadarkan diri. Namun selang dua jam kemudian tepatnya pukul 08.15 WIB korban menghembuskan nafas yang terakhir,” ungkap Relawan Anak Gunung Lawu AGL, Budi (40) saat dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (28/2/2022).

Menurut Budi korban kedinginan karena sebelumnya terjadi hujan di Gunung Lawu. Sedangkan sebanyak 114 temannya selamat tidak mengalami hipotermia.

Sementara itu Koordinator Pos Jaga Basarnas Surakarta, Arief Sugiyarto SH (52) mengatakan pertolongan dilakukan dengan cepat namun karena kondisi korban sudah lemah akhirnya meninggal dunia usai dievakuasi.

“Ya benar kondisi korban sudah terlalu lama kedinginan sehingga tak bisa terselamatkan,” ungkapnya.

Hingga Senin siang rombongan masih di Tawanangu guna berkordinasi membawa pulang jenazah ke Tangerang. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com