JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Beginilah Fasilitas Mewah di UNS Tower, Gedung Megah 11 Lantai yang Diresmikan Presiden Jokowi. Ada Kolam Renang Standar Hotel hingga Fitness Center

Kampus UNS Surakarta. Ilustrasi. Foto: JSNews/Ando
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung UNS Tower yang diberi nama “Ki Hadjar Dewantara” bertepatan dengan agenda Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat (11/3/2022).

 

Saat peresmian Presiden didampingi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Jajaran Rektorat.

 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang berlangsung di halaman depan Gedung UNS Tower.

 

“Pada siang hari ini saya resmikan Gedung UNS Tower “Ki Hadjar Dewantara”. Terima kasih,” ungkap Jokowi.

 

Bangunan ini memiliki ketinggian 51,2 meter yang terdiri dari 11 lantai dan menempati lahan seluas 5.000 meter persegi.

Baca Juga :  ANRI dan SEAPAVAA Komitmen Selamatkan Arsip Audiovisual dari Kerusakan

 

Menurut Deputi Humas UNS, Deddy Whinata Kardiyanto  gedung Ki Hadjar Dewantara ini dulunya adalah bangunan bekas rumah dinas rektor.

 

“Itu kan memang tanah dulu bangunannya bekas rumah dinas rektor. Jadi tidak mengurangi bangunan yang lama. Di dalam gedung itu dalam satu lantai juga ada rumah dinas rektor,” ungkapnya.

 

Dilanjutkan, fungsi gedung Ki Hadjar Dewantara tersebut adalah untuk fasilitas penunjang pendidikan atau sebagai tempat pembelajaran mahasiswa kelas internasional dan juga bisa untuk praktek magang.

 

Selain itu di dalam UNS Tower ini sendiri juga dilengkapi dengan sarana olahraga mulai dari kolam renang hingga fitness center. Selain itu terdapat pula gedung konferensi internasional, kantor, pusat bisnis, serta terdapat ruang-ruang yang bisa disewakan.

Baca Juga :  Melepas Rindu di Pasar Gede, Diah Warih Didoakan Jadi Walikota Solo

 

“Kalau untuk kolam renang dan fitness center itu untuk umum, mahasiswa juga. Tetapi kolam renangnya bukan kolam renang standar internasional untuk kejuaraan. Tetapi lebih seperti kolam renang hotel,” paparnya.

 

Pembangunan Gedung UNS Tower ini menelan biaya sebesar Rp 133.736.290.000 (Seratus tiga puluh tiga milyar tujuh ratus tiga puluh enam juta dua ratus sembilan puluh ribu rupiah).

 

Dikerjakan sejak 3 Maret 2021 sampai dengan selesai 31 Desember 2021.

Pembangunan ini diharapkan dapat membawa UNS mendunia melalui inovasi pendidikan berbasis teknologi digital. (Ando)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com