JOGLOSEMARNEWS.COM Info

Bingung Mau Beli Rumah? Ini 5 Tips yang Bisa Anda Ikuti

ilustrasi rumah / liputan6
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Membeli rumah memang gampang-gampang susah. Terkadang muncul anggapan, membeli rumah itu seperti memilih jodoh.

Tantangan yang lain, jika kita mau membeli rumah namun dengan budget yang terbatas.

Membeli rumah tidak hanya mencakup persyaratan administrasi, tetapi  juga  lokasi, spesifikasi bangunan, pengembang dan legalitas.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6, diharapkan kita tidak ragu untuk bertanya secara detail, karena calon pembeli barang mewah secara alami kritis dan agresif.

Selain itu, ada beberapa tips untuk membantu Anda membeli rumah sesuai dengan penghasilan Anda saat ini.

  1. Tentukan tipe rumah

Jika Anda ingin membeli rumah, Anda perlu menentukan jenis rumah. Pilihan akomodasi untuk individu atau keluarga agar rumah yang dipilih benar-benar memiliki daya tampung yang cukup. Itu juga menentukan tujuan penggunaan, apakah Anda tinggal langsung  atau menyewanya.

  1. Hitung biaya bulanan

Untuk mendapatkan cukup uang untuk membeli atau membayar kembali rumah, Anda perlu mengetahui biaya bulanan. Mengevaluasi penggunaan dana agar lebih efisien. Jika biaya Anda cukup besar, mulailah menabung segera  dan cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Hapus hutang

Jika Anda berniat membeli rumah, sebaiknya hindari utang lainnya. Ini akan meningkatkan orang yang Anda cintai dan mencegah Anda dari fokus menabung untuk tujuan tersebut. Pastikan Anda telah melunasi semua hutang Anda sebelum membeli rumah dan mulai membayar kembali.

  1. Simulasi hunian berdasarkan pendapatan

Anda perlu menetapkan anggaran yang realistis sebelum berencana membeli rumah, terutama KPR. Pasalnya, Anda memiliki kewajiban bulanan untuk mencicil. Sebagai aturan umum, cicilan tidak boleh melebihi 30 persen dari pendapatan bulanan Anda.

Anda dapat menggunakan alat penghitungan harga real estat maksimum di tautan ini untuk menentukan harga real estat maksimum yang dapat Anda beli. Anda hanya akan melihat hasilnya jika Anda memasukkan pendapatan bulanan atau total,  pengeluaran bulanan, dan jangka waktu hipotek.

  1. Survei perumahan

Anda tidak hanya dapat menemukan harga real estat maksimum yang dapat Anda miliki di btnproperti.co.id, tetapi BTNProperti juga dapat memberikan rekomendasi perumahan sesuai dengan kemampuan Anda. Temukan rumah impian Anda di sini “Search”. Anda dapat dengan mudah menemukan rumah impian Anda dengan mencari informasi secara online dan menghubungi kami melalui telepon atau chat sebelum melihat situs secara langsung. Susi Ariyani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com