JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ini Solusi Pemuda Karang Taruna Plupuh Atasi Problem Sampah

Karang Taruna Desa Plupuh tengah memilah dan memilh sampah untuk dikumpulkan di bank sampah mandiri / Foto: Susi Ariyani
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para pemuda Karang Taruna Desa Plupuh, Kecamatan Plupuh, punya cara unik untuk mengatasi sampah yang menjadi problem bagi rumah tangga.

Cara yang ditempuh adalah dengan mendirikan bank sampah muda mandiri. Melalui bank sampah tersebut, mereka sekaligus bisa menambah keuangan organisasi.

Sebagai ketua karang taruna menuturkan tentang tujuan yang sudah dibentuk ialah untuk menciptakan ketentraman dan kenyamanan agar warga selalu tentram dan nyaman ketika ada dilingkungan masyarakat.

Ketua karang taruna Muda Mandiri, Fendi menjelaskan, bank sampah merupakan tempat yang dipakai untuk mengumpulkan sampah yang telah dipilih dan dipilah.

Baca Juga :  Patroli Presisi Polres Sragen Jaga Keamanan Kantor KPU dan Bawaslu Jelang Penetapan Presiden Terpilih 2024

“Biasanya pada minggu kedua atau keempat, hasil sampah yang terkumpul kita setorkan ke pengepul sampah yang ada di Desa Plupuh,” ujarnya, Minggu (20/3/2022).

Fendi menyampaikan, kegiatan bank sampah mandiri di Plupuh sudah berjalan dari tahun 2017. Kehadiaran bank sampah tersebut mendapat sambutan baik dari kepala desa dan masyarakat.

Ia berharap bank sampah Muda Mandiri itu bisa menjadi contoh yang baik bagi para pemuda dari daerah lain.

Baca Juga :  Tanpa Restu Bapak, Untung Wina Sukowati Calon Bupati Sragen 2024 Nekat Maju Lewat Partai Demokrat: Ini Tekat Saya Sendiri

“Dampak adanya bank sampah ini dapat dirasakan pada aspek sosial, seperti nilai-nilai sosial yang semakin memudar, hal ini harus segera diatasi,” ujarnya.

Kegiatan bank sampah mandiri tersebut, menurut Fendi bisa mengembalikan nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat.

Sedangkan dampak positif dari Bank sampah ini bagi masyarakat adalah masyarakat bisa sedikit sadar dengan kebersihan lingkungan yang sangat penting agar hidup bisa lebih sehat, bersih dan rapi. Susi Ariyani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com