JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Inspiratif, Guru SMKN 2 Ponorogo Jatim ini Manfaatkan Dak Atap Rumah Kostnya untuk Tanam Buah dan Sayur, Hasilnya Buat Sedekah

Tabulampot
Tarmin memetik cabai di dak atap rumah kostnya. Dok. Pribadi

PONOROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kisah inspiratif ini datang dari Kota Reog Ponorogo. Seorang guru SMKN 2 Ponorogo Jatim memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam menggunakan metode tabulampot.

Guru SMKN 2 Ponorogo Jatim tersebut adalah Tarmin. Menurut pria ini, berada di lahan sempit harus memiliki keleluasaan dalam berfikir. Sehingga muncul inovasi dan kreativitas untuk memenuhi kebutuhan.

Tarmin guru Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 2 Ponorogo Jatim memanfaatkan lahan dak atap rumah kostnya sebagai media bercocok tanam.

Aneka tanaman sayur dan buah-buahan di tanam dengan media planterbag dan galon bekas air mineral di atas dak yang berada di Jl. Poncowolo Krandegan Kepatihan Kecamatan Ponorogo. Ada lombok, terong, sawi, kangkung, seledri dan aneka tanaman buah lainnya.

Baca Juga :  Penyusup di Tengah Massa BEM SI Ditangkap Saat Demo di Patung Kuda

Hasil panen dari bercocok tanam sebagian untuk memenuhi kebutuhan anak asuhnya di kost Griya Amanah. Hasil panen juga dibagikan ke tetangga sekitar kost bahkan juga untuk kebutuhan dapur salah satu pondok pesantren.

“Alhamdulillah dengan menanam aneka sayuran di atas dak ini dapat mencukupi kebutuhan anak-anak kost di Griya Amanah, bahkan bisa berbagi dengan tetangga,” ujar dia, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga :  Breaking News: Harga Pertamax dan 3 Jenis BBM Turun Malam Ini Mulai Pukul 00.00 WIB. Berikut Daftar Harga Terbarunya!

Mungkin berkah dari berbagi inilah yang menyebabkan tanamannya subur dan berbuah lebat. Untuk lombok sendiri bisa panen sampai beberapa kali, tanaman tetap subur dan produktif. Karena setiap kali dilakukan pruning terhadap ranting-rantingnya sehingga muncul tunas-tunas baru beserta bakal buah,” ujar dia

Dia berharap apa yang dilakukannya bisa memberikan edukasi untuk memanfaatkan lahan sempit baik di sekolahan maupun di rumah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com