JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Mendaki Gunung Lawu, Wika Nevi Warga Palur Alami Sesak Nafas Akut

Suasana evakuasi pendaki Gunung Lawu yang mengalami sesak nafas / Foto: Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Satu orang dari 8 orang rombongan pendaki gunung asal Palur, Karanganyar, Jateng mengalami sesak nafas akut  dan sempat tak sadarkan diri.

Yang bersangkutan adalah Wika Nevi Rianawati (20) warga Desa Palur, Jaten, Karanganyar yang hingga berita ini diturunkan masih dilakukan evakuasi dari Pos 3 turun ke bawah.

Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta, Arief Sugiyarto SH mengatakan Wika Nevi panggilan akrab korban mendaki Gunung Lawu melalui Cemoro Kandang pada Selasa (8/3/2022) pukul 08.30 WIB bersama 7 orang temannya.

Pendakian tersebut mulus hingga sampai Pos 3.  Namun selang beberapa jam kemudian, Wika Nevi mengalami sesak nafas.

Teman-temannya berusaha menolong dan hingga Selasa malam masih bisa bertahan.

Selanjutnya pada Rabu (9/3/2022) pagi rombongan hendak turun namun karena kondisi Wika Nevi makin menurun maka niat turun ditunda.

“Setelah kondisi terus dropp akhirnya pada Rabu (9/3/2022) sekitar pukul 16.0/ WIB Tim relawan gabungan mendapatkan laporan perihal pendaki gunung Lawu alami sesak nafas dan akhirnya Relawan gabungan sebanyak 50 orang naik ke Pos 3 lakukan evakuasi,” ungkap Arief Sugiyarto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Menurut Arief hingga Rabu (9/3/2022) pukul 18.30 evakuasi masih sampai di Pos 1 dan diperkirakan beberapa jam kemudian bisa sampai bawah.

Adapun kondisi selama di Pos 1 terus menurun yakni Wika Nevi lemas sesak nafas dan susah diajak komunikasi. Untuk itu evakuasi terus dipercepat sambil menyesuaikan sikon alam dan cuaca.

“Laporan sementara dari temannya diketahui Wika Nevi memiliki riwayat sakit nafas,” tandas Arief Sugiyarto.

Sementara itu Relawan AGL Budi Santoso mengatakan kondisinya terkini mulai ada perkembangan meski masih sesak nafas. Menurut Budi Santoso cuaca dingin sangat mendorong sakit sesak nafas makin parah.

“Semoga saja semua dalam kondisi baik terselematkan,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (9/3/2022).

Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com