JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Umbul Manten Klaten, Antara Mitos dan Mistis di Balik Keindahan dan Kejernihan Air Umbul

Suasana Umbul Manten Klaten. Foto: JSNews/Ando

 

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM –Siapa yang tak tahu umbul kemanten atau biasa disebut Umbul Manten, salah satu umbul yang berada di Klaten yang terkenal dengan airnya yang jernih dan bening.

Di balik keindahannya ternyata ada mitos dan kisah mistis yang diyakini warga sekitar. Siyamniatun, warga asli Kelurahan Wunut Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten mengungkapkan kisahnya.

Diketahui umbul ini tidak pernah dikunci saat malam hari. Dikarenakan masih ada aktivitas pada malam hari. “Ini gak ada tutupnya, malam gak dikunci kan malam ada orang berendam. Dari berbagai kota seperti Jogja ke sini kadang jam 1 malam, kadang juga jam 11 malam sampai sini. Itu sudah lama, biasanya untuk dapat keturunan. Sudah lama berumah tangga gak dikarunia anak. Berendam di sini,” ungkap Siyamniatun.

Baca Juga :  Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi UMS Gelar Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sivabel di Demakijo, Klaten

Orang yang berendam di umbul kemanten ini diceritakan Siyamniatun biasa dilakukan pada setiap malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

“Biasanya banyak yang berhasil juga, dapat keturunan. Namanya usaha. Biasanya datang di atas jam 24 atau pukul 00.00 WIB, terus subuh pulang. Omah-omah belum punya keturunan kungkum di sini banyak yang berhasil,” jelas Siyamniatun.

Baca Juga :  Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi UMS Gelar Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sivabel di Demakijo, Klaten

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com