JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Bangunkan Sahur Pakai Musik Dangdut dan DJ, Rombongan Truk Tongtek Langsung Dibubarkan Paksa

Aksi polisi bubarkan grup Tongtek pakai musik dangdut dan DJ. Foto/Humas Polda
   

PATI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jajaran Polres Pati merazia dan membubarkan paksa kegiatan membangunkan sahur melalui tongtek yang disertai kendaraan truk pengangkut pengeras suara (speaker) besar dengan alunan musik dangdut, Senin (4/4/2022) dini hari.

Giat tongtek yang disertai dangdut itu terpaksa dibubarkan karena dianggap membuat bising dan justru mengganggu kenyamanan.

Bagi masyarakat setempat, tongtek merupakan tradisi membangunkan warga untuk sahur pada saat Ramadan. Biasanya masyarakat melakukan tongtek menggunakan alat kentongan bambu sederhana.

Namun, kini marak juga kegiatan tongtek yang diiringi alunan musik dangdut atau house music (musik DJ) dengan suara keras.

Baca Juga :  Mohammad Saleh : Kosgoro 1957 Jawa Tengah Solid Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

Kasi Humas Polres Pati Iptu Sukarno menjelaskan, kegiatan ini dilakukan setelah adanya Laporan masyarakat mengenai kendaraan truk dilengkapi sound system yang mengganggu jam istirahat mereka.

“Truk ini menggunakan genset dan memutar musik dangdut dengan suara kencang sambil berkeliling pada waktu dini hari, sehingga mengganggu istirahat warga,” jelas dia.

Kegiatan mereka dilakukan cukup lama sebelum waktu sahur, yakni sekira 01.30 WIB. Hal ini membuat warga merasa terganggu.

Baca Juga :  Komplotan Perampok Spesialis Toko Emas Bersenpi Dibekuk Polda Jateng Setelah Ditembus Timah Panas

“Tim yang dipimpin oleh Kapolsek Wedarijaksa kemudian mengamankan satu unit truk di Desa Tangkil, Kecamatan Trangkil. Truk ini berkeliling bahkan hingga ke wilayah desa lain,” kata dia.

Kini, truk bernomor BG 8423 KC tersebut, berikut mesin genset dan sound system untuk sementara ditahan di Polsek Wedarijaksa.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menganggu ketertiban. Terutama agar situasi bulan Ramadan ini di wilayah Pati aman dan kondusif,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com