JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Benarkah Ada Program Mudik Gratis Lebaran 2022 dari Pusat, Kok Wonogiri Adem Anyep Saja?

Pelaksanaan rapid test antigen di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hingga saat ini masih banyak pihak menanyakan kebenaran informasi program mudik gratis Lebaran 2022 dari pusat.

Ada pihak yang kemudian meragukan hal tersebut dan menyatakan bahwa program mudik gratis Lebaran 2022 dari pusat tidak akan terlaksana.

Informasi yang dihimpun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menggelar program mudik gratis Lebaran 2022. Malah sudah disebutkan pula daerah tujuan mudik dalam program mudik gratis Lebaran 2022 itu.

Kabarnya program mudik gratis Lebaran 2022 yang digelar Kemenhub bakal digelar pada akhir bulan ini. Sementara untuk daerah tujuan mudik di antaranya adalah Wonogiri, Solo, Klaten, Boyolali, Semarang, Tegal, Kudus, Demak, Jogjakarta, Wonosobo, Magelang Purwokerto dan Kebumen.

Berdasarkan website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kemenhub (https://lpse.dephub.go.id), sudah ada paket dengan nama Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 (Lelang Tidak Mengikat) dengan nilai pagu paket Rp 10 miliar dari anggaran APBN.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Disinggung terkait program mudik gratis Lebaran 2022 dari Kemenhub, Kepala Dinas Perhubungan atau Kepala Dishub Wonogiri Waluyo mengatakan hingga Selasa (5/4) siang, pihaknya belum mendapatkan petunjuk resmi dari Kemenhub.

“Sampai saat ini belum ada arahan resmi dari Kemenhub terkait hal itu (program mudik gratis Lebaran 2022) kepada kami,” kata dia.

Yang jelas, kata Waluyo, khusus Pemkab Wonogiri di tahun ini belum menggelar program mudik gratis karena keterbatasan anggaran.

Mantan Kepala Satpol PP Wonogiri itu menambahkan, jika memang Kemenhub bakal menggelar mudik gratis dengan salah satu tujuannya adalah Wonogiri, pihaknya siap membantu mensukseskan program itu.

“Kami di wilayah bisa ikut membantu dengan menyiapkan personel kami. Jika memang ada petunjuk dari pusat terkait hal itu kami juga akan berkoordinasi dengan instansi lainnya,” terang Waluyo.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

Terkait dengan mudik gratis Lebaran 2022 dari Kemenhub jika memang digelar maka Dishub Wonogiri siap mendukung.

“Mendukung dalam hal ini demi kelancarannya. Kita bisa siapkan bentuk-bentuk dukungan demi kelancaran arus lalu lintas di Wonogiri, itu bentuk fasilitas yang bisa kita lakukan. Tapi saat ini belum ada informasi resmi ke kita terkait itu,” tandas Waluyo.

Dimintai tanggapan terkait program mudik gratis yang digelar oleh Kemenhub, Ketua Umum Paguyuban Wonogiri Manunggal Sedyo atau Ketua Pawonmas Agus Suparyanto mengatakan hingga saat ini pihaknya juga belum mendapatkan informasi bakal diadakannya program mudik gratis Lebaran 2022. Baik dari Kemenhub maupun dari Pemkab Wonogiri.

Berdasarkan analisanya, mudik gratis Lebaran 2022 tidak akan digelar pada tahun ini. Pasalnya sudah masuk Ramadhan namun belum ada pemberitahuan, sebelumnya ketika ada program tersebut pasti ada pemberitahuan sebelum puasa tiba. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com