JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari Bisa Sebabkan Hal ini

Ilustrasi secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di Indonesia. Bahkan kini banyak warung kopi yang dikemas secara modern menjamur di mana-mana.

Minum kopi sebelum memulai rutinitas dalam kehidupan sehari-hari menjadi kebiasaan sebian orang. Sebab, kopi bisa meningkatkan mood, fungsi, dan kinerja otak karena kandungan kadeinnya.

Kopi juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan dan melindungi dari berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, alzheimer, dan penyakit jantung.

Sebagian orang mengonsumsi kopi di waktu pagi hari sebelum memulai rutinitas kegiatan. Namun, minum kopi di pagi hari bisa mendatangkan bahaya apabila dikonsumsi saat kondisi perut kosong. Mengapa demikian?

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Melansir dari healthline.com, rasa pahit kopi merangsang produksi asam lambung. Tak jarang dalam beberapa kasus dijumpai konsumsi kopi bisa menimbulkan gangguan tubuh, mulai dari mengiritasi perut, menyebabkan mual, mulas, refluks asam hingga gangguan pencernaan. Terlebih, meminum kopi dalam posisi perut kosong bisa berbahaya.

Dikutip dari medicoverhospitals.in, ketika tubuh meminum secangkir kopi dalam keadaan perut kosong, bisa menyebabkan pelepasan asam klorida di dalam sistem pencernaan. Sebab, kopi dapat menyebabkan kadar asam lambung meningkat sehingga perut menjadi kembung dan muntah. Kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa mulas disertai rasa sakit yang tajam di bagian dada.

Melansir dari livestrong.com, minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari juga bisa mengganggu kontrol gula darah seseorang secara signifikan. Kemampuan untuk mengatur kadar gula darah mengurangi risiko kondisi metabolisme, seperti diabetes dan penyakit jantung. Orang yang sarapan sebelumnya tidak mengalami lonjakan glukosa darah.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Kopi juga bisa meningkatkan risiko sakit maag sebab dapat merangsang keasaman di perut dan menimbulkan masalah kesehatan usus. Sebaiknya hindari konsumsi kopi di pagi hari setelah bangun tidur.

Melansir dari purewow.com, disarankan minum kopi satu jam setelah bangun tidur atau setelah makan sesuatu sebelumnya, misalnya sepotong roti. Makanan-makanan kaya kalsium seperti yoghurt, almond, atau bayam bisa membantu mencegah asam merusak lapisan perut sebab memiliki kemampuan menetralkan keasaman kopi dan asam lambung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com