JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pertama di Indonesia, Pemdes Jirapan Sragen Bakal Dirikan 100 Hotel Untuk Burung Hantu. Sebentar Lagi Siap Diresmikan, Begini Penampakannya!

Penampakan hotel tyto alba istilah untuk rumah burung hantu yang akan segera didirikan di 100 titik dan nantinya wajib dikembangkan di seluruh lahan di Desa Jirapan, Masaran, Sragen sebagai upaya mengatasi hama tikus. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Jirapan, Kecamatan Masaran, Sragen membuat inovasi baru di bidang pertanian dengan berencana mendirikan 100 hotel untuk burung hantu.

Hotel untuk burung bernama latin tyto Alba itu nantinya akan didirikan di semua areal persawahan di desa setempat.

Saat ini, jumlah hotel yang dibuat sudah mendekati angka 100 dan dalam waktu dekat akan segera didirikan dan diresmikan.

Namun hotel yang dimaksud hanyalah istilah untuk rumah yang dibuat untuk habitat burung hantu. Jika terealisasi, konsep 100 hotel burung hantu itu barangkali bakal menjadi yang pertama di Sragen, Jateng bahkan di Indonesia.

Baca Juga :  Ogah Diakal-akali, Ratusan Buruh Pabrik BATI Sragen Mogok Massal

“Iya, kami akan dirikan 100 hotel burung hantu. Ini sudah hampir terpenuhi jumlahnya dan nanti segera akan kami dirikan untuk diresmikan,” papar Kades Jirapan, Sindu Praptono, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (20/4/2022).

Sindu mengungkapkan ide mendirikan 100 hotel burung hantu itu digagas menyikapi serangan hama tikus yang merajalela dan menjadi momok petani di desanya dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga :  Santri Penganiaya Adik Kelas Hingga Tewas di Sragen Terancam 10 Tahun Penjara

Nantinya 100 hotel itu akan dibagikan sebagai stimulus ke kelompok tani di desanya. Diharapkan setelah itu semua petani hingga perangkat desa pemilik lahan, mendirikan hotel yang sama di lahan mereka masing-masing.

Sehingga, nantinya semua lahan sawah di Jirapan akan memiliki setidaknya satu hotel burung hantu.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com