JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Capres Terbaru SMRC, Anies Baswedan Meroket, Ganjar Naik Tapi Datar, Prabowo Cenderung Turun. Simak Lengkapnya!

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) didampingi Wakil Ketua Umum Perpadi Jakarta, Billy Haryanto (kiri) saat mengecek produksi beras di pabrik beras Masaran, Sragen, Sabtu (24/4/2021). Foto/Wardoyo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mendekati Pilpres 2024, Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei para nama yang berpeluang menjadi calon presiden.

Dari hasil survei popularitas terbaru para tokoh yang muncul dan dirilis pada hari ini, Kamis (7/4/2022), tiga kandidat masih bersaing ketat.

Mereka yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Gerindra sekaligus Menhan, Prabowo Subianto.

Dari hasil survei terbaru, Ganjar dan Anies sama-sama meroket sedang Prabowo Cenderung mengalami penurunan.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, mengatakan dalam survei terakhir yang mereka lakukan, elektabilitas Ganjar berada di atas mengungguli Prabowo dan Anies.

Namun selisihnya sangat ketat. Ganjar mendapatkan 18,1 persen suara, Prabowo Subianto 17,6 persen, Anies Baswedan 14,4 persen.

Sedangkan ama-nama lainnya seperti Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Luhut Binsar Pandjaitan hanya memiliki elektabilitas di bawah 4 persen.

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Namun, masih ada 13,7 persen masyarakat yang belum menentukan pilihan.

Abbas menguraikan berdasarkan data yang mereka miliki, dalam satu tahun terakhir, dukungan pada Ganjar dan Anies Baswedan mengalami penguatan.

Suara untuk Ganjar naik dari 8,8 persen pada survei Maret 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022. Demikian pula dengan Anies Baswedan, suaranya naik dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

“Sementara dukungan pada Prabowo mengalami pelemahan dari 20 persen menjadi 17,6 persen,” ujarnya.

Namun Abbas memberikan catatan khusus terkait dukungan terhadap Ganjar. Meski ada peningkatan signifikan, dari tren yang ada, elektabilitas Ganjar ternyata menunjukkan grafik datar alias sama.

“Walaupun suara Ganjar mengalami peningkatan signifikan dalam setahun terakhir, namun cenderung datar dalam tiga bulan terakhir. Dari 19,2 persen pada Desember 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022,” tutur Abbas.

Baca Juga :  Nepotisme Jokowi untuk Pencalonan Gibran sebagai Cawapres Tak Terbukti di Sidang Putusan MK

Survei terbaru SMRC ini dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 responden pada 13 – 20 Maret 2022.

Pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.027 atau 84 persen.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Meskipun demikian, dukungan terhadap Prabowo Subianto meningkat dalam simulasi lainnya.

Jika diadu dengan 9 pimpinan partai politik lainnya, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 42,2 persen sementara AHY di posisi kedua dengan 12,5 persen dan Muhaimin Iskandar sebesar 6,1 persen. Nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan tak dimasukkan dalam. (Wardoyo/Tempo.co)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com