JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Terungkap, Ini Daftar Nama dan Peran 6 Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Tangerang

Ilustrasi tim kepolisian melakukan penggerebekan. Foto/Humas Polri
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tim Detasemen Khusus 88 Anti-teror Polri meringkus lima orang tersangka teroris jaringan NII di Tangerang Selatan pada Minggu, 3 April 2022.

Kelima terduga teroris itu masing-masing berinisial (SA), (SO), (TA), (MH) dan (AHA). Tim Densus pun berhasil menguak peran masing-masing tersangka.

Kabagbanops Densus 88, Kombes Pol Aswin Siregar menjelaskan para tersangka teroris jaringan NII ini memiliki peran yang berbeda dalam melakukan aksi terorisme.

“Untuk SA, dia terlibat dalam pertemuan kelompok NII di Depok, pemegang rekening NII berdasarkan keterangan dari AY dan bendahara NII Padang yang sempat menerima uang sebesar Rp 119 juta, serta menyelenggarakan raihlah atau pergantian struktur,” paparnya dilansir Humas Polri, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga :  Susul “Obral” Izin Tambang, Giliran “Obral” Jabatan Komisaris BUMN?  Ombudsman: Harusnya Melalui Uji Seleksi

Tersangka kedua berinisial SO berperan sebagai ketua kelompok NII Tangerang Selatan, hadir dalam pertemuan di Depok, berhubungan dengan tersangka (Zefrizal).

Kemudian melakukan pertemuan dengan 250 anggota NII di Sumatera Barat tahun 2019 lalu.

Ketiga, tersangka teroris berinisial TA. Diketahui, ia terlibat dan turun langsung ke Sumatera Barat bersama perwakilan NII dari Tangerang Kota sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.

“Dia juga memberikan arahan dan petunjuk kepada RS terkait untuk mempersiapkan tukang besi membuat senjata tajam,” sambungnya.

Baca Juga :  BMKG Minta Pemerintah dan Masyarakat Antisipasi Kekeringan Meteorologis

Kemudian, tersangka teroris yang keempat berinisial MH yang terlibat sebagai sekretaris NII daerah Tangerang Selatan, hadir dalam pertemuan di Depok, dan mengirimkan bahan dari pusat terkait dengan arahan-arahan melalui e-mail.

“MH juga merupakan tim IT,” jelasnya.

Terakhir, tersangka teroris berinisial AHA yang berperan sebagai sekretaris dan naik tingkat menjadi Ketua NII wilayah Tangerang Kota dan turun ke Sumatera Barat bersama perwakilan dari Tangerang Kota sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.

“Saat ini, penyidik masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kelima tersangka teroris dan jaringan NII,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com