JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bupati Sragen Tegaskan Ogah Restui Pendirian Tugu Perguruan Silat Baru. Tak Main-Main, Ini Alasannya!

Kondisi enam tugu milik perguruan silat IKSPI Sragen yang dirusak massa tak bertanggungjawab, Sabtu (28/3/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menolak tegas dan tidak akan merestui pendirian tugu perguruan silat baru di wilayah Sragen.

Menurutnya, kebijakan itu diambil untuk mencegah munculnya perselisihan soal tugu perguruan silat yang pernah terjadi di Sragen beberapa waktu lalu.

“Dulu sudah pernah ada ada kesepakatan, semua perguruan silat sudah buat kesepakatan. Bahwa tidak boleh ada lagi penambahan tugu perguruan silat baru di lahan milik umum atau tanah milik pemerintah. Semua sudah berkomitmen,” paparnya kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Menurutnya, penegasan larangan pendirian tugu silat baru itu disampaikan menyusul adanya permohonan pendirian tugu silat baru di wilayah Jenar.

Baca Juga :  Dari Buku Mustika Rasa Bung Karno, Ini Cara Ketua DPC PDIP Sragen Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

Permohonan itu datang dari Kades Kandangsapi mewakili aspirasi salah satu kelompok perguruan silat di wilayahnya yang ingin mendirikan tugu baru.

Menjawab permohonan itu, Bupati menegaskan tidak akan mengizinkan. Sebab pendirian tugu baru akan melanggar komitmen dan bisa memicu perselisihan.

“Selama ini ada gesekan tapi bisa dipadamkan,” ujarnya.

Bupati menegaskan dan berharap semua pihak tetap berpedoman pada kesepakatan antar perguruan beberapa tahun lalu di Kantor DPRD Sragen.

Bahwa sudah disepakati tidak boleh ada penambahan atau pembangunan tugu baru di fasilitas umum atau tanah milik pemerintah. Pendirian tugu hanya boleh dibangun hanya di lahan pribadi.

Baca Juga :  Final Meriah, Tim Voli Doa Ayah dan Eka Roke New Kemukus Sukses Juara Turnamen Candirejo Cup I. Pak Prapta Berharap Bisa Terus Berkelanjutan

Untuk tugu yang sudah ada terlanjur sebelum kesepakatan dibuat, boleh dilestarikan dan dirawat. Namun dengan catatan, keberadaan tugu itu tidak memicu perselisihan antar perguruan.

Kalau terjadi perselisihan yang tidak diharapkan, pihaknya tak segan untuk membongkar tugu yang sudah ada.

Tugu 2 Perguruan Kembali Jadi Sasaran 

Persoalan tugu perguruan silat di Sragen memang kerap memicu konflik dan polemik.

Tak jarang pula, muncul aksi-aksi perusakan misterius terhadap tugu perguruan silat yang akhirnya berkembang menjadi konflik.

Yang terakhir, aksi perusakan tugu perguruan silat kembali terjadi pada Minggu (13/3/2022) silam.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua