JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Mengenal 5 Jenis Durian dan Manfaatnya untuk Kesehatan

ilustrasi durian / pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM Durian merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut serta baunya yang unik membuat orang merasa tertarik untuk memakannya.

Meski demikian sebagian orang tidak menyukai buah ini dengan berbagai alasan termauk baunya. Di Indonesia buah ini sangat mudah ditemui. Untuk soal harga bervariasi tergantung jenisnya, dan akan menjadi lebih murah saat sedang musim atau panen.

Buah yang dijuluki “Raja Buah” di Asia Tenggara ini mempunyai bermacam-macam jenis. Di bawah ini adalah beberapa jenis buah durian yang terkenal:

Durian Montong

Penggemar durian pasti sudah kenal dengan jenis yang satu ini. Tidak salah lagi jika durian montong digemari banyak orang. Itu dikarenakan dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis.

Saking enaknya, tanpa ketrampilan memilih pun kita tetap bisa mendapatkan durian montong yang memuaskan.

Musang King

Tidak kalah populer dengan durian montong, jenis musang king pun menjadi incaran banyak orang. Durian khas Malaysia ini memiliki biji yang kecil sehingga dagingnya terasa lebih banyak dan nikmat saat digigit. Berbeda dengan durian montong, musang king memiliki perpaduan rasa manis dan sedikit pahit.

Durian Candimulyo

Durian asal magelang ini memiliki cita rasa manis, legit, dan sedikit pahit bercampur jadi satu. Meski dagingnya tidak sebesar durian montong, durian candimulyo. Nama “Candimulyo” sendiri diambil dari salah satu kecamatan di Kabupaten Magelang yang merupakan daerah penghasil durian ini.

Durian Petruk

Jenis ini merupakan perkawinan silang dari durian montong dengan durian candimulyo. Rasanya tidak begitu berbeda dengan jenis-jenis durian lainnya. Percampuran rasa manis, legit, dan sedikit pahit membuat durian asal Jepara ini banyak diminati.

Durian Pelangi

Keunikan dari durian pelangi yaitu warnanya yang terdiri dari merah dan kuning. Durian ini berasal dari Manokwari, Papua Barat. Percampuran warna itu dikarenakan durian ini merupakan hasil perkawinan silang dari tiga jenis durian di Banyuwangi yaitu durian kuning (fotogensis), durian merah (graveolens), dan durian putih (zibethinus).

Selain rasanya yang enak, durian juga mengandung manfaat kesehatan. Dikutip dari Healthline, berikut ini manfaat durian:

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua