JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Mengenal Mouser, Senjata Berburu Babi yang Efeknya Tak Main-Main. AKBP Hendri Sebut Sekali Tembak Bisa Pecah

Tersangka pemburu babi hutan salah tembak saat ditahan di Mapolres Banjarnegara. Foto/Wardoyo

BANJARNEGARA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seorang pemburu babi berinisial M (29) warga Desa Kesenet, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara ditangkap polisi dan ditetapkan sebagai tersangka.

Pria itu diamankan setelah pelurunya nyasar mengenai petani yang sedang matun atau mencari rumput di ladang Kapulaga pada, Sabtu (21/5/2022).

Korban mengalami luka parah setelah tertembus peluru bagian pahanya. Tidak berlebihan sebab senjata senapan yang digunakan oleh pelaku memang bukan senjata sembarangan.

“Senapan jenis ini memang bukan lumayan lagi. Bisa pecah sekali tembakan,” papar Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto saat memimpin konferensi pers di Mapolres, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga :  47 Tahun Perjalanan Grup Musik Kasidah Asal Semarang Nasida Ria, Melanglang Sampai Jerman

Kapolres menguraikan senjata yang digunakan adalah pre-charged pneumatik dengan diameter laras 5,5 mm.

“Senjata yang digunakan merek Mouser dengan kaliber 5,5. Pasal yang dikenakan yakni 351 ayat (2) KUHP dan atau Pasal 360 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukumannya 5 tahun penjara,” urai Kapolres.

Atas kejadian itu, Polres akan melakukan razia terhadap pemburu dan melakukan imbauan. Yakni akan melakukan perburuan harus dengan izin tertentu seperti bergabung dengan organisasi Perbakin atau lainnya, sehingga ada pengawasan dan hati-hati.

Baca Juga :  Keras, Kapolda Jateng Sebut Anggota yang Bekingi Kegiatan Melanggar Hukum Dicap Pengkhianat. "Jangan Halalkan Segala Cara!"

“Kita akan lakukan penangkapan pada perburuan tanpa izin,” pungkasnya.

Kapolres menjelaskan penangkapan terhadap Mbermula saat adanya korban salah tembak yang dialami oleh JS (50) saat sedang matun di Dusun Batur, Desa Purwasana, Kecamatan Punggelan.

Korban mengalami luka serius pada bagian paha kanan dan tangan kiri setelah tertembus timah panas yang dilesakkan tersangka.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua