JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Mentan RI Jamin PMK Tak Ganggu Pasokan Sapi pada Idul Adha

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo secara simbolis memberikan obat ternak sapi yang terserang PMK kepada Bupati Boyolali, M Said Hidayat / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menjamin wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi tidak akan berpengaruh pada Idhul Adha.

Pasalnya, produktivitas ternak bebas PMK masih sangat besar.

“Daging ternak yang terpapar PMK juga masih bisa dikonsumsi manusia. Kami jamin Idul Adha tidak ada pengaruhnya,” katanya saat kunjungan kerja ke Boyolali, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Simpang Solidaritas Boyolali, Usai Gasak Avanza Sampai Hancur, Truk Trailer Terguling

Dijelaskan, produktivitas ternak sapi di Indonesia sangat besar. Sedangkan ternak sapi yang dipotong berkisar antara 6-10 persen dari populasi.

“Paling hanya 1,7 juta ekor untuk kebutuhan Idul Adha. Diambil saja yang baik-baik. Jadi PMK tidak boleh mengusik Idul Adha.”

Pihaknya juga meminta masyarakat tidak panik terkait munculnya wabah PMK pada ternak sapi. Penanganan tepat PMK dengan suntikam vitamin dan antibiotik dinilai berhasil mempercepat penyembuhan Penyakit tersebut juga dipastikan tidak menular pada manusia.

Baca Juga :  16 Tim Voli Putra Ambil Bagian dalam Darussalam Cup 1 di Wonosegoro Boyolali

“Memang ada PMK, tapi banyak yang sembuh. Saya habis dari Aceh, ada temuan sapi yang mati tapi setelah dikonfirmasi bukan PMK. Saya lega dengan tindakan cepat di Klaten dan Boyolali yang punya potensi ternak besar.”

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua