JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Sinetron dan Film Dominan selama Siaran Ramadhan di Jawa Tengah. Tidak Banyak Inovasi Siaran Baru

Hasil pemantauan siaran selama bulan Ramadhan yang dilakukan oleh KPID Jateng.

 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah melakukan pemantauan khusus siaran Ramadhan kepada 14 stasiun televisi lokal maupun berjaringan di Jawa Tengah.

Pemantauan siaran dikhususkan pada program yang hanya tayang pada bulan Ramadhan. Hasilnya, selama Ramadhan 2021 ditemukan sebanyak 52 program baru yang disiarkan khusus pada bulan Ramadhan.

Rincian program-program tersebut adalah 28% program Sinetron/Film, 21% ceramah keagamaan, 13% program ajang pencarian bakat pendakwah, 12% komedi/lawak, 11% jelajah wisata/kebudayaan Islam, 10% feature/film dokumenter, dan 3% lain-lain. Rincian tersebut tidak termasuk program berita reguler yang banyak memuat liputan arus mudik.

Baca Juga :  Jawa Tengah Terbagi dalam 8 Wilayah Layanan Siaran Digital, Sebagian Besar Sudah Terjangkau Sinyal Digital

Koordinator Bidang Isi Siaran, Ari Yusmindarsih menjelaskan kecenderungan tren siaran di Bulan Ramadhan yang sangat didominasi siaran keagamaan.

“Kita lihat film dan sinetron paling dominan. Total di semua TV bisa lebih dari 15 jam sehari, dan menempati jam siar strategis, seperti jelang buka dan sahur,” jelas Ari.

Baca Juga :  KPID Berharap Tidak Ada Lagi Daerah Blank Spot di Jawa Tengah Saat Migrasi Siaran Digital

Ari juga mengungkapkan bahwa selain Sinetron dan Film, jam siar utama Ramadhan juga banyak diisi program komedi/lawak dan ceramah keagamaan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua