JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Terganjal Usia, 500-an Calon Jemaah Haji Asal Bantul Terancam Gagal Berangkat

Ilustrasi jemaah haji / pixabay

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Terganjal masalah umur, sekitar 500-an calon jemaah tahun 022 haji asal Bantul  terancam gagal berangkat.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan mengnai pembatasan usia jemaah haji.

Hal itu pun berimbas bagi para calon haji di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bantul.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bantul , Aidi Johansyah mengungkapkan, dari total 930 calon haji asal Bantul yang seharusnya berangkat tahun ini setidaknya ada sekitar separuhnya yang tidak bisa berangkat ke tanah suci.

Baca Juga :  Polres Sleman Amankan 50 Orang Dalam Situasi Ketegangan Antara 2 Kelompok Massa

Dari data yang ia punya, setidaknya ada sekitar 500 calon haji asal Bantul yang tak bisa berangkat tahun ini karena kendala umur.

Ia menjelaskan, penyebab ratusan calon haji yang tak bisa berangkat itu dikarenakan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang melakukan pembatasan kuota haji .

Khususnya terhadap pembatasan usia haji yang tidak boleh melebihi 65 tahun.

Baca Juga :  Gegara Pakaian Istri Terlilit Rantai Sepeda Motor, Suparman Tewas Kecelakaan

“Memang oleh pemerintah Arab Saudi kuota jemaah Indonesia dikurangi 50 persen. Biasanya 3.000 jamaah sekarang hanya 1.400an. Selain itu juga ada pembatasan usia, sehingga dari Bantul hanya ada sekitar 430-an saja yang masuk kuota tahun ini,” ujarnya Jumat (27/5/2022).

Terkait dengan kondisi di tersebut pihaknya memang tidak bisa berbuat banyak, karena itu merupakan kebijakan langsung dari pemerintah Arab Saudi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua