JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Tahu, ini Manfaat Organisasi Terungkap pada Seminar Hybrid di STAIMAS Wonogiri

Seminar
Seminar hybrid keorganisasian di STAIMAS Wonogiri. Dok. STAIMAS Wonogiri
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€” Mau tahu manfaat ikut organisasi?. Simak pemaparan menarik berikut ini yuk.

Manfaat organisasi terungkap ketika digelar seminar hybrid keorganisasian oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Literasi Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (16/5/2022), seminar hybrid dilaksanakan di Aula II Kampus STAIMAS Wonogiri Minggu (15/5).

Ketua STAIMAS Wonogiri Atik Nurfatmawati, mengajak mahasiswa belajar berorganisasi. Atik menuturkan semua butuh proses dan di dalam berorganisasi belajar saling menghargai dan berbagi.

โ€œDi dalam berorganisasi belajar saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat. Belajar untuk semeleh, belajar mengambil peran. Pasti akan ada yang aktif dan lemot. Lakukan apa yang bisa dilakukan. Yang penting mengambil peran sekecil apapun akan sangat berdampak. Apapun usaha kerja keras akan kembali. Effort lebih akan dibayar Allah suatu saat nanti,โ€ beber Atik.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

Menurut pembicara seminar, Windari, ada sejumlah manfaat ikut organisasi atau berorganisasi. Yaitu menambah kemampuan diri dalam pengembangan jiwa kepemimpinan, mengasah softskill dan hardskill, menambah jaringan pertemanan, relasi dan pengalaman serta menambah nilai diri sendiri, bekal pengalaman setelah lulus untuk terjun di masyarakat.

โ€œDi dalam berorganisasi jangan cepat baper. Setelah mengadakan kegiatan apapun lakukan evaluasi sehingga kegiatan selanjutnya bisa lebih baik,โ€ papar dia.

Sedikitnya, ada 10 softskill yang akan terasah dengan berorganisasi. Meliputi, time management, kemampuan public speaking, keahlian networking, kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi yang baik, jiwa kepemimpinan, analisis informasi, kemampuan beradaptasi, kreativitas dan kolaborasi.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Pembina UKM Literasi STAIMAS Wonogiri Nadhiroh, berharap mahasiswa tidak hanya aktif kuliah. Pihaknya mendukung mahasiswa untuk terus berkarya dan beraktivitas dalam berbagai kegiatan di luar kuliah.

Ketua Panitia Seminar, Gusti Alfian Fauzan, menerangkan kegiatan seminar itu dalam rangkaian agenda Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional sekaligus menyambut Hari Kebangkitan Nasional. Alfian menuturkan sebelumnya UKM Literasi mengadakan Lomba Menulis Puisi.

Ketiga Juara Menulis Puisi berturut-tutur dari juara I sampai III yaitu Rahmita Zuyuka, Teguh Edi Priyanto, Ujianti Putri Suryaningtyas.
Pada akhir agenda itu, mahasiswa menampilkan mini drama berjudul Kartini Berdarah. Naskah di ambil dari Juara 1 Penulisan Naskah Drama Remaja Dewan Kesenian Jatim 2008. Penulis dramanya Amanatia Junda S. Aris Arianto/rilis

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com