JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dewan Profesor UNS Gelar Kunjungan ke Bupati Magetan

Dewan Profesor UNS saat menggelar kunjungan ke Bupati Magetan, Jawa Timur / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dewan Professor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Magetan,  Kamis (9/6/2022).

Rombongan yang dipimpin Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono selaku Ketua DP UNS diterima oleh Bupati Magetan, Dr. Suprawoto, S.H, M.Si.

Dalam kunjungan itu, rombongan DP UNS juga didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Dr rer nat Sajidan.

Sebelumnya bertemu Bupati Magetan, rombongan Dewan Profesor UNS mengadakan diskusi dengan Sucipto selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Kabupaten Magetan.

Dalam kesempatan itu, Sucipto banyak menyampaikan tentang potensi Kabupaten Magetan. Salah satu potensi yang tengah dikembangkan adalah industri lokal kulit.

Di Magetan banyak perajin kulit yang butuh inovasi dan sentuhan teknologi, supaya memberikan nilai lebih terhadap potensi dan produksi lokal di Magetan.

Di situlah, jelas Sucipto sesungguhnya dibutuhkan peran perguruan tinggi untuk memberikan sentuhan ilmu dan teknologi bagi masyarakat kabupaten Magetan.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Selanjutnya, rombongan Dewan Professor UNS diajak turun ke lapangan untuk melihat industri Kulit di bawah binaan pemerintah daerah setempat.

Mereka menyaksikan langsung proses produksi lokal Kulit dari awal sampai akhir yang ternyata butuh inovasi dan sentuhan teknologi.

Sementara itu dalam pertemuannya dengan Bupati, Ketua Dewan Profesor UNS, Prof Suranto menyampaikan kunjungan Dewan Profesor UNS itu dalam rangka mengembangkan keilmuan baru supaya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Magetan yang terkenal dengan potensi Kulit, rasanya perlu sentuhan ilmu dan teknologi yang dalam hal ini bisa bekerjasama dengan kampus UNS.

Kunjungan tersebut merupakan apresiasi terhadap Bupati Magetan yang memiliki komitmen terhadap dunia Pendidikan.

Gayung pun bersambut, dan menurut Suranto, langkah riil segera dilakukan dalam rangka pengembangan keilmuan baru dan pengembangan potensi daerah.

Sedangkan Bupati Magetan, Dr Suprawoto  menyampaikan komitmennya terhadap pendidikan di Kabupaten Magetan.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Pendidikan, bagi Bupati Magetan dianggap sebagai harapan dan kesempatan bagi rakyat Magetan untuk dapat naik jenjang, sehingga memang butuh pemerataan Pendidikan.

Suprawoto bahkan mempersilakan UNS untuk membangun kampus UNS di Magetan karena secara iklim memang Magetan cocok untuk dunia Pendidikan.

Suprawoto juga menyampaikan tentang potensi lokal Magetan dalam bidang pariwisata dan industry, terutama industri Kulit.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Prof  Dr rer nat Sajidan, M.Si mengatakan, pihaknya perlu membahasa lebih dulu Program studi apa yang sekiranya cocok dan tepat bagi kampus UNS di Magetan.

Karena itu, perlu kajian terlebih dulu, di mana Dewan Profesor UNS bisa memberikan rekomendasi terhadap hasil kunjungan kerja ke Magetan kepada Rektor UNS.

“Misalnya, mulai mana program yang didahulukan, terobosan apa yang bisa dilakukan dan lain-lainnya,” ujar Sajidan, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com