JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dosen UNS Gelar Lokakarya Penyusunan Komik Digital Peduli Sosial Bagi Guru SD Kota Solo

Lokakarya penyusunan komik digital peduli sosial untuk guru Sd di Kota Solo / Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar lokakarya bertajuk “Workshop Penyusunan Komik Digital Tematik Peduli Sosial Bagi Guru Sekolah Dasar Kota Surakarta.”

Acara yang berlangsung di Kantor Dinas Pendidikan Kota Surakarta pada Kamis (16/6/2022) itu merupakan sinergi dan kerja  sama dengan Dinas Pendidikan setempat.

Melalui rilisnya ke Joglosemarnews dijelaskan, kelompok pengabdian masyarakat itu diketuai oleh Prof. Dr. Andayani, M.Pd., selaku Kepala Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, dengan  anggota Lalita Gilang, S.Sn., M.Ds., selaku Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS.

Dijelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan karena adanya temuan bahwa murid SD mulai kehilangan sikap peduli sosial saat uji coba pembelajaran tatap muka dilakukan.

Baca Juga :  Unisri Surakarta Kirim 6 Mahasiswa dalam Program PMM ke Unsrat, Manado

“Alasan penyelenggaraan kegiatan ini karena adanya temuan bahwa murid sekolah dasar mulai kehilangan sikap peduli sosial saat pembelajaran pascapandemi diujicobakan,” ujar Prof Andayani.

Dan, mulai semester ini, jelas Andayani, peserta didik SD sudah mulai melakasankaan pembelajaran tatap muka, sehingga diperlukan media pembelajaran guna mengajarkan sikap peduli sosial bagi anak SD.

Kemudian, kegiatan lokakarya disampaikan oleh Prof. Dr. Andayani, M.Pd., yang memaparkan materi “Mencipta Cerita Anak dengan Komik Digital”.

Prof Andayani menjelaskan, penulisan cerita anak dengan komik digital perlu memperhatikan beberapa kriteria, seperti bahasa yang sederhana hingga nilai amanat yang terkandung di dalam cerita tersebut.

Baca Juga :  Unisri Surakarta Kirim 6 Mahasiswa Program PMM ke Unsrat Manado

“Kriteria penulisan cerita komik untuk anak diantaranya (1) Cerita komik sederhana Kesederhanaan dapat diwujudkan melalui wacana baku, kualitas tinggi, tidak rumit, dan mudah dimengerti (2) Lebih komunikatif (3). Ceritanya mengungkap kehidupan anak-anak dengan semua aspek yang mempengaruhi,” jelas Prof. Anda.

Prof. Anda menambahkan bahwa hal yang mempengaruhi penulisan cerita komik anak, antara lain bahasa yang sederhana, tokoh populer dalam kehidupan anak-anak, kejadian relevan atau pernah dialami anak-anak, terdapat konflik yang pernah dialami anak,dan memiliki amanat yang berguna bagi perkembangan anak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com