JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

FIS UNY Gelar Pelatihan Fotografi untuk Siswa MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo

Siswa MTS Muhammadiyah Tawangsari bersama Tim UNS. Foto: dok
   

 

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Kemajuan teknologi yang terus melesat menuntut setiap generasi untuk terus mampu beradaptasi. Selain agar tak ketinggalan zaman, penguasaan skill dalam bidang teknologi juga mampu menjadi sarana untuk menunjang penghidupan yang lebih baik.

Mengacu padahal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar pelatihan fotografi bagi siswa MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo, Jawa Tengah.

Acara yang bertajuk “Generasi Alpha Merentang Zaman, Membangun Kecerdasan Abad 21” diadakan Sabtu (4/6/2022) dan diikuti oleh 30 siswa MTs.

“Kegiatan ini adalah bentuk kesungguhan Fakultas Ilmu Sosial UNY, khususnya Jurusan Ilmu Komunikasi dalam menguatkan perannya di tengah masyarakat. Melalui pelatihan fotografi ini diharapkan semakin merekatkan FIS UNY dengan madrasah,” papar Profesor Suranto Aw, Ketua Tim Pengabdian dalam siaran persnya yang dikirim ke Redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM .

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Guru Besar bidang Evaluasi Program Komunikasi ini juga menyebutkan bahwa kecerdasan seorang anak tidak hanya diukur dari kemampuannya mendapat nilai bagus di dalam kelas.

Namun di era digital, anak harus memiliki skill khusus agar mampu berkompetisi di tengah perkembangan dunia industri yang menuntut penguasaan keahlian bidang yang lebih spesifik.

Acara yang diawali dengan pemaparan materi teknik pengambilan foto ini dilanjutkan dengan praktek langsung oleh siswa. Tim PkM membagi kelompok siswa menjadi dua kelompok, dan di dalam kelompok setiap siswa berkesempatan langsung mengambil foto dan mendiskusikan hasilnya dengan tim PkM.

“Pengaturan komposisi sangat penting untuk menghasilkan bidikan foto yang memuaskan.  Cara menggunakan komposisi dapat dilakukan dengan membagi layar kamera menjadi tiga menggunakan dua garis vertical dan dua garis horizontal,” papar Ulfah Hidayati, dosen fotografi, sekaligus anggota tim PkM.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Di lain sisi, Benni Setiawan  yang juga dosen Ilmu Komunikasi UNY menyebutkan bahwa benda-benda yang sederhana bisa menjadi objek foto yang menarik jika kita mengambilnya dari perspektif dan sudut pandang yang berbeda.

Penambahan dekorasi yang meriah seperti sobekan kertas, taburan glitter, atau sobekan cahaya mampu membuat objek foto lebih hidup.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, 3 mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY yang membantu mendampingi para siswa dalam pengambilan gambar. Pelibatan mahasiswa dalam acara PkM menjadi agenda tersendiri dari UNY agar mereka lebih cakap dan terampil dalam pengembangan skill dan kemampuan bermasyarakat.(ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com