JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Penyebab Pemkab Tidak Bisa Menganggarkan Dana untuk Sambungan Listrik Rumah Warga Kurang Mampu

Listrik
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menyapa penerima sambungan listrik gratis di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Dok. Pemkab Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepala Dinas Sosial atau Kepala Dinsos Wonogiri Kurnia Listyarini menegaskan, untuk penyambungan listrik bagi warga kurang mampu kewenangannya ada di pemerintah pusat, provinsi dan CSR.

Pemkab tak memiliki kewenangan meskipun dana desa bisa digunakan untuk itu.

Masalah di lapangan, kata dia, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang digunakan Dinsos dan DTKS yang digunakan PLN berbeda. Sebab, data yang digunakan masih data lama.

Baca Juga :  Wonogiri Jadi Kabupaten Terbaik Perintis Konvergensi Pencegahan Stunting, ini Buktinya

“Harapan besarnya, PLN mengakomodir DTKS Wonogiri yang diupdate tiap bulan. Jadi nanti bisa tepat sasaran, yang berhak bisa menerima bantuan misalnya,” kata Kepala Dinsos Wonogiri Kurnia Listyarini.

Selain itu, kata Kepala Dinsos Wonogiri Kurnia Listyarini, di lapangan ada indikasi data warga miskin yang digunakan untuk mendaftar sambungan listrik oleh orang lain. Sehingga warga yang nyatanya miskin dan belum memiliki sambungan listrik di rumahnya malah sudah memiliki ID pelanggan. Masalah itu tak hanya satu dua kali ditemukan.

Baca Juga :  Pucanganom FC Libas Giritontro FC 1-0 Dalam Final Super Bigmatch Turnamen Sepakbola U35 Kemerdekaan Cup 2022

“Karena yang boleh pasang 450 (VA) kan hanya yang masuk di DTKS,” pungkas Kurnia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com