JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Makan Bawang Putih Mentah Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan, Salah Satunya Kendalikan Tekanan Darah

Ilustrasi bawang putih. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bawang putih sejak lama telah dipakai sebagai bumbu masak. Tetapi selain bisa digunakan sebagai bumbu masak, umbi yang baunya menyengat ini memiliki beberapa manfaat kesehatan bila dimakan mentah.

Dirangkung dari berbagai sumber, inilah manfaat makan bawang putih mentah:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Dilansir dari promkes.kemkes.go.id, mengonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini berdasarkan studi yang terbit dalam Journal of Postgraduate Medicine. Studi ini menemukan, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol cukup banyak.

Studi lain yang dilakukan oleh para ahli dari Rafsanjan University of Medical Science juga menemukan hal serupa. Mereka meminta peserta penelitian untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari. Hasilnya, makan bawang putih mentah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Mengendalikan tekanan darah

Bawang putih mentah mengandung polisulfida yang bisa mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut studi dalam jurnal Maturitas, polisulfida bisa membantu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Orang yang makan bawang putih mentah selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg. Selain itu, bawang putih membantu mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan pengelolaan gula darah. Ini bermanfaat untuk mengelola diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan kekebalan

Beberapa studi, mengutip dari Healthline, menunjukkan bawang putih bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ini mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan dan senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

3. Mendukung kesehatan jantung

Menurut para ahli, bawang putih mampu membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol. Hal inilah yang bisa mendukung kesehatan jantung.

Makan bawang putih mentah rutin juga ampuh mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Ini juga bermanfaat bagi orang dengan berbagai jenis gangguan pada jantung dan metabolisme.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

5. Melindungi kesehatan otak

Meski studi pada manusia terbatas, namun penelitian pada hewan menunjukkan mengonsumsi bawang putih mentah atau ekstrak bawang putih tua dalam jumlah tinggi bermanfaat meningkatkan daya ingat. Selain itu juga bisa mendukung kesehatan otak.

6. Meredakan infeksi, radang, dan pilek

Bawang putih kaya kandungan allicin, senyawa dengan fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur. Allicin dipercaya bisa membunuh berbagai organisme penyebab penyakit.

Karena itulah mengonsumsi bawang putih mentah bisa meredakan infeksi, radang, dan pilek. Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Advances in Therapy menemukan, makan bawang putih mentah saat musim flu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus mencegah penyakit flu.

7. Menurunkan risiko kanker

Bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang mampu mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena sulfur bioaktif berfungsi memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, serta menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com