JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti Terjaring OTT KPK, Begini Karier Politiknya

Wali Kota Yogyakarya Haryadi Suyuti saat memantau kawasan Malioboro yang ditutup aksesnya dan dimatikan lampu tamannya mulai Ahad, 4 Juli 2021. Tempo.co/Dok.Istimewa
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, yang baru sekitar sepekan turun dari jabatannya.

KPK mengkonfirmasi, dalam OTT tersebut KPK menangkap Haryadi Suyuti dan sejumlah pejabat Pemkot Yogyakarta itu diduga terlibat kasus suap. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan dalam OTT tersebut, pihaknya menyita uang dalam pecahan dolar dan sejumlah dokumen.

“Jumlah uang dalam dolar masih kami hitung,” kata Nurul Ghufron, Kamis, 2 Juni 2022. Ghufron tak menjelaskan detail dolar yang dimaksud.

Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri sebelumnya memastikan bahwa satu diantara pihak yang ditangkap lembaganya adalah Haryadi Suyuti. Ali menyatakan Haryadi diduga melakukan tindak pidana korupsi menerima suap.

Baca Juga :  4 Hari Usai Jambret Dompet di Sleman, Pria Kulonprogo Ini Dibekuk Polisi
Perjalanan Karier Politik Haryadi Suyuti

Karier politik Haryadi Suyuti cukup moncer. Ia mengawali karier politik menjadi kader Golkar Yogyakarta. Pada Pilkada Kota Yogyakarta 2006, Haryadi dipasangkan dengan Hery Zudianto dari PAN. Keduanya berhasil menang. Haryadi resmi menjabat Wakil Wali Kota Yogyakarta (2006 -2011).

Berselang lima tahun kemudian, Haryadi berambisi menjadi orang nomor satu di Kota Yogyakarta. Ia maju dalam Pilkada Kota Yogyakarta pada 2012 sebagai Wali Kota Yogyakarta dengan menggandeng Imam Priyono dari PDI Perjuangan. Keduanya berhasil menang dan Haryadi pun menjabat Wali Kota Yogyakarta periode pertama (2012-2016).

Lalu pada pilkada 2017, Haryadi dan Imam Priyono pecah kongsi. Masing masing mencalonkan diri sebagai Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022.

Haryadi yang saat itu menggandeng Heroe Poerwadi dari PAN berhasil menang kembali dengan dukungan lima partai politik yakni Golkar, Gerindra, PAN, PKS, dan PPP.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

Haryadi pun menjabat sebagai Wali Kota Yogyakarta periode kedua pada 2017-2022.

Selain menjadi kepala daerah, Haryadi Suyuti juga menempati sejumlah jabatan penting. Di antaranya, ia pernah menjadi anggota Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY (2006-2010), Kapala Bidang III Kepanitiaan Muktamar I Abad Muhammadiyah (2010).

Haryadi juga sempat menjadi Ketua Badan Narkotika Kota Yogyakarta (2007-2011), Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota (TKPK) Yogyakarta (2007-2011), Anggota Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (2010-2014), Wakil Ketua Pembina Ikatan Persaudaraan Haji Yogyakarta (2010-2015), Ketua Umum PERBASI DIY (2011-2015) dan Ketua Umum PSIM Yogyakarta (2010-2013).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com