JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Nggak Nyangka, Pencipta Lagu Rewel Gaya Sragenan yang Enak Buat Jogetan Ternyata dari Desa Ngarum

Maestro seni karawitan gaya Sragenan asal Ngarum, Mbah Karno KD. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabupaten Sragen memang dikenal sebagai salah satu lumbung seni di Jawa Tengah.

Beragam seni budaya Jawa tumbuh subur di kabupaten berjuluk Bumi Sukowati ini. Salah satunya seni karawitan gaya Sragenan yang selalu menjadi klangenan masyarakat dan pecinta seni.

Tak hanya pelaku dan pekerja seni, Sragen juga dikenal banyak musisi lagu Jawa yang sering dinyanyikan bahkan hits hingga nasional.

Salah satunya lagi “Rewel” yang sudah banyak dikenal di kalangan pecinta seni budaya Jawa. Lagu itu kerap dinyanyikan di pentas karawitan, campursari dan lainnya.

Baca Juga :  Kebakaran di Tanon, Gara-gara Diang Rumah dan Kandang Warga Gading Ludes Terbakar. Kakek Nenek Terpaksa Ngungsi

Namun siapa sangka, lagu bergenre enerjik itu diciptakan oleh seorang maestro seni asal Desa Ngarum, Kecamatan Ngrampal.

“Iya, kami juga kaget. Ternyata lagu Rewel itu diciptakan oleh Mbah Karno KD, seorang maestro seni dari Desa Ngarum. Saya sangat salut, tidak hanya menciptakan lagu, beliau di usia segitu masih semangat melestarikan kesenian karawitan gaya Sragenan. Dan lagu Rewel sampai sekarang masih hits dan enak untuk dinikmati,” papar Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro saat hadir di acara seminar parlemen di Desa Ngarum, Ngrampal, Sragen, Sabtu (25/6/2022) malam.

Baca Juga :  Testimoni Para Pengunjung Radja Tengkleng's Sragen. Pak Bambang Pur Sebut Luar Biasa, Joko Susilo Sampai Habis Satu Kepala..

Sebagai apresiasi, legislator asal Dapil Sragen, Karanganyar, Wonogiri itu sangat mendukung dan mendorong karawitan gaya Sragen bisa masuk kurikulum muatan lokal (Mulok) pembelajaran di sekolah dasar.

Menurutnya, kegiatan seminar parlemen yang digelar di Ngarum itu digagas untuk membangkitkan kembali seni karawitan gaya Sragenan yang dirintis Mbah Karno KD.

Dengan keunikan serta gaya khas yang rancak untuk dinikmati, menurutnya karawitan gaya Sragenan memang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan dan dilestarikan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com