JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Siap-siap, Mulai Bulan Depan Beli Minyak Goreng Curah Harus Pakai PeduliLindungi

Ilustrasi minyak goreng curah. Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah akan menerapkan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi Pedulilindungi. Sebelumnya, untuk membeli minyak goreng curah, konsumen diwajibkan menyertakan KTP.

Namun sebelum kebijakan tersebut diterapkan, pemerintah akan melalukan sosialisasi terlebih dahulu.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, perubahan sistem ini dilakukan untuk membuat tata kelola distribusi minyak curah menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen.

Nantinya setelah masa sosialisasi selesai, seluruh penjualan dan pembelian minyak curah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sementara, masyarakat yang belum memiliki aplikasi PeduliLindungi masih bisa membeli dengan menunjukkan KTP.

Baca Juga :  Mohon Maaf Bu Putri Sambo, LPSK Tolak Beri Perlindungan. Pelecehan Seksual Ketahuan Hanya Rekayasa

“Masa sosialisasi akan dimulai besok Senin (27/6/2022) dan akan berlangsung selama dua minggu ke depan. Setelah masa sosialisasi selesai, masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK, untuk bisa mendapatkan minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi,” ujar Luhut dalam pernyataan resminya, Jumat (24/6/2022).

Luhut mengatakan, pembelian minyak curah di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10 kg untuk satu NIK per harinya dan dijamin bisa diperoleh dengan harga eceran tertinggi, yakni Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

Baca Juga :  LPSK Putuskan Lindungi Bharada E. Sebut Tak Ada Mens Rea, Hanya Korban Tekanan Ferdy Sambo

Dengan harga tersebut bisa diperoleh di penjual/pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan juga melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE), yakni Warung Pangan dan Gurih.

Luhut mengatakan, pemerintah melakukan upaya perubahan sistem ini untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com