JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Waktu Tepat Mengukur Tekanan Darah, Hindari Setelah Minum Kopi

Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tekanan darah seseorang selalu berubah-ubah, tergantung aktivitas yang dikerjakan sehari-hari. Mengukur takanan darah merupakan hal penting bagi terutama bagi mereka yang mengidap tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

Tekanan darah dapat diukur dengan menggunakan tensimeter. Penggunaan alat ini bisa dibilang mudah, tetapi pengguna harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengukur darah supaya hasilnya akurat.

Waktu Tepat Mengukur Tekanan Darah

Seperti diketahui, tekanan darah seseorang akan berubah-ubah seiring dengan aktivitas yang dikerjakan sehari-hari. Ketika seseorang bangun tidur, langsung mengukur tekanan darah maka tekanan darah berada di titik terendahnya. Begitupun sebaliknya, jika aktivitas padat, maka tekanan darah juga akan meningkat.

Mengukur tekanan darah dua kali sehari

Mengutip Mayoclinic, ukur tekanan darah darah Anda sebanyak dua kali sehari. Setiap kali Anda mengukut, lakukan dua atau tiga kali pembacaan untuk memastikan hasil yang diperoleh bisa akurat. Lakukan pengukuran ini pada waktu yang sama setiap harinya.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Jangan langsung mengukur tekanan darah saat bangun tidur

Alasan untuk tidak mengukur tekanan darah tepat sebelum Anda bangun tidur adalah karena tekanan darah berada pada tingkatan terendah. Maka, lakukan beberapa saat setelah bangun dari tidur. Beri jeda selama setengah jam hingga satu jam setelah Anda terbangun.

Jangan mengukur tekanan darah setelah sarapan dan minum kopi

Kandungan kafein dalam kopi maupun zat yang terkandung dalam makanan saat sarapan bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Sehingga, waktu yang tepat untuk melakukan tensi adalah saat sudah selesai mandi atau tepat sebelum sarapan.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Jangan mengukur tekanan darah setelah berolahraga atau beraktivitas berat

Mengukur tekanan darah setelah melakukan aktivitas berat dan padat dapat membuat tekanan darah meningkat drastis. Sehingga, hindari mengukur tensi darah setelah berolahraga. Lakukan pengukuran tekanan darah sebelum olahraga maupun pada sore hari.

Jangan mengukur darah setelah mengonsumsi obat

Melansir dari Healthline, obat-obatan tertentu mengandung bahan komposisi yang dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga, hindari mengonsumsi obat sebelum melakukan pengukuran tekanan darah secara langsung. Beri jeda beberapa saat sebelum melakukan tensi darah.

Jika mendapati tekanan darah tinggi, maka segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada layanan kesehatan terdekat. Hal itu karena gaya hidup dan obat-obatan tertentu serta makanan yang Anda konsumsi akan turut berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com