JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

2 Kali Dipanggil Tak Datang, KPK Ancam Mardani Maming Jadi Buron

Mantan Bupati Tanah Bumbu juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Kalimantan Selatan, Mardani H Maming, seusai memenuhi panggilan penyidik untuk menjalani pemeriksaan hingga 11 jam, di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Kamis (2/6/2022) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Bersikap tidak kooperatif, dipanggil sebanyak 2 kali tidak pernah datang, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengancam Mardani H Maming, eks Bupati Tanah Bumbu memasukkannya dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.

“KPK dapat melakukan jemput paksa dan secara bertahap dapat menerbitkan DPO lalu dipublikasikan,” kata plt juru bicara KPK Ali Fikri, Senin (25/7/2022).

Begitu ditetapkan jadi buronan, menurut Ali, masyarakat bisa secara langsung menangkap orang tersebut. Masyarakat juga bisa melaporkan keberadaan orang tersebut ke aparat hukum.

Baca Juga :  Erupsi Gunung Semeru : Luncuran Awan Panas Guguran Hingga 7 Kilometer

“Sehingga siapapun masyarakat yang mengetahui keberadaan Tersangka bisa melakukan penangkapan atau menginformasikan langsung kepada KPK maupun aparat yang berwenang,” kata dia.

Dalam kasus ini, KPK menyatakan telah memanggil Mardani sebanyak dua kali. Namun politikus PDIP itu dua kali pula tidak datang. Pihak Mardani meminta KPK menunggu putusan sidang praperadilan yang sedang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Erupsi Gunung Semeru Paksa 1.979 Warga Mengungsi ke Tempat Lebih Aman

KPK berupaya menjemput paksa Mardani di apartemennya di Jakarta pada Senin (25/7/2022). Namun, KPK tidak menemukan Mardani di lokasi tersebut.

Ali meminta Mardani untuk kooperatif. Dia mengatakan pemeriksaan merupakan hak tersangka untuk menyampaikan klarifikasi kepada penyidik. Ali juga memperingatkan bila ada pihak-pihak yang berupaya menyembunyikan Mardani. Dia mengatakan pihak tersebut dapat dijerat dengan pasal menghalangi penyidikan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com