JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Cara Operasi Batu Ginjal Minim Sayatan dengan Alat PCNL

Gedung baru IGD RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar gembira bagi publik Wonogiri yang akan melaksanakan operasi batu ginjal.

Pasalnya ada cara operasi batu ginjal minim sayatan dengan PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy).

Dengan menggunakan PCNL, cara operasi batu ginjal minim sayatan berbeda dengan metode operasi batu ginjal umumnya yang menggunakan sayatan lebar.

Saat ini cara operasi batu ginjal minim sayatan itu sudah tersedia di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri atau RSUD Wonogiri.

Baca Juga :  Hujan Lebat di Wonogiri Sragen Boyolali, Daerah Lainnya Cek di Prakiraan Cuaca Soloraya Jumat 3 Februari 2023

Kepala Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Amir Purnama Sidi mengatakan, RSUD Wonogiri ini adalah satu-satunya RS tipe B yang ada di Wonogiri dan memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan serta didukung peralatan yang cukup lengkap.

Belakangan ini, kata dia, kasus batu ginjal cukup marak di Wonogiri. Atas kondisi ini manajemen RSUD Wonogiri kemudian mencari terobosan baru berupa pengadaan alat untuk mendukung tindakan Percutaneous nephrolithotomy (PCNL).

Baca Juga :  Sejarah Terbentuknya Satpam, Tidak Diduga Sosok Kapolri ini Jadi Bapak Satpam Indonesia

“PCNL ini tindakan minimal invasif untuk mengatasi batu ginjal. Kalau dulu penanganan batu ginjal pakai operasi besar sekarang dengan PCNL bisa minim sayatan,” terang Amir kepada awak media, Rabu (13/7/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com