JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diduga Jadi Ajang Begituan, Warga Masaran Desak Warung Dekat Sawah di Prampalan Ditutup. Bikin Resah Tiap Hari Didatangi Puluhan ABG Berseragam

Deretan sepeda motor milik puluhan siswa SMA/SMK dari berbagai sekolah terpantau terparkir di depan warung dekat persawahan di Prampalan, Krikilan, Masaran yang diduga sering dijadikan ajang kumpul para siswa mbolos, Rabu (27/7/2022) pagi. Foto/Istimewa
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga di Masaran resah dengan keberadaan sebuah warung di wilayah Dukuh Prampalan, Desa Krikilan, Kecamatan Masaran.

Pasalnya warung di tepi permukiman dan agak terpencil itu ditengarai menjadi sarang berkumpulnya anak-anak bolos sekolah.

Warga khawatir, jika dibiarkan tanpa penindakan, warung milik salah satu warga berinisial DW itu bisa dijadikan ajang negatif lainnya.

Menurut sejumlah warga sekitar, warung itu bikin resah lantaran banyak didatangi siswa-siswa usia SMA pada jam-jam aktif sekolah.

Tak hanya dari Masaran, mereka diketahui juga datang dari SMA atau SMK di wilayah Sragen, Plupuh, bahkan kadang dari Karanganyar.

“Warga resah karena anak-anak itu biasanya kumpul di situ pas masih jam aktif. Hampir tiap hari. Biasanya jam 09.00 WIB, kadang jam 11.00 WIB. Anak-anak itu masih bawa seragam, kalau jam segitu sudah keluar dan kumpul di warung, kalau nggak mbolos apa?,” papar MN, salah satu warga kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga :  Geger, Petani di Desa Baleharjo Sragen Tewas Kesetrum Listrik di Area Persawahan Dengan Kondisi Mengenaskan

Senada, SY, warga Masaran lainnya juga prihatin dengan keberadaan warung tersebut. Sebab siswa yang datang di jam pelajaran bisa mencapai belasan hingga puluhan anak dari sekolah di beberapa wilayah.

Selain menjadi sarana siswa membolos, keberadaan warung yang agak tertutup itu juga sangat rentan disalahgunakan untuk kegiatan negatif.

Deretan sepeda motor milik puluhan siswa SMA dan SMK berbagai kecamatan terpantau terparkir di depan warung tepi sawah di Prampalan yang bikin resah warga karena diduga jadi ajang kumpul para siswa membolos. Foto/Istimewa

Menurutnya, warga khawatir jika dibiarkan, maka akan semakin banyak siswa yang hanyut dengan perilaku membolos.

Kemudian kumpulnya anak-anak usia remaja itu juga sangat riskan menjadi ajang untuk peredaran barang terlarang, seperti pil koplo dan narkoba.

“Apalagi di berita, sudah banyak tersangka pengedar pil koplo di Sragen yang ditangkap rata-rata usia muda dan mengaku jualnya menyasar ke pelajar. Nah, di Masaran kan juga sudah beberapa kali ada yang tertangkap jadi pengedar. Itu yang kami khawatirkan. Kalau namanya anak sudah berani mbolos tentu sangat mudah terpengaruh hal-hal negatif,” terangnya.

Baca Juga :  Jelang Masa Jabatan Berakhir, Bupati Sragen Gelar Halal Bi Halal dan Mohon Maaf di Sumberlawang dan Miri

Ia menyampaikan sudah beberapa kali melaporkan aktivitas warung itu ke pihak Satpol PP kecamatan setempat. Namun hingga kini belum ada respon dan seolah masih tetap aman buka tanpa pernah tersentuh razia.

“Harapan warga kalau bisa dirazia setiap hari dan dilarang untuk anak sekolah di jam pelajaran. Kalau masih nekat, lebih baik ditutup saja. Karena sudah bikin resah dan bisa merusak generasi muda. Pengalaman, kenakalan remaja itu biasanya diawali dari membolos. Kalau diberi tempat membolos dan dibiarkan, kami khawatir nasib masa depan anak. Pasti malah makin menjadi,,” tegasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com