JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

PSSI Sudah Bicara ke EAFF Terkait Kepindahan Federasi, Akun Instagram EAFF Banjir Follower Indonesia Naik Berkali-kali Lipat

Timnas U-19 Indonesia. (twitter/@pssi)
Timnas U-19 Indonesia. (twitter/@pssi)
   

JOGLOSEMARNEWS.COM PSSI dikabarkan sudah membicarakan perubahan anggota federasi dengan EAFF pada Selasa (19/07/2022). Netizen pun menyerbu akun Instagram EAFF hingga follower akun EAFF naik drastis.

Imbas dari kekecewaan masyarakat Indonesia terhadap gagalnya Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke Piala AFF U-19, netizen mendesak PSSI agar meninggalkan AFF dan pindah ke EAFF. Desakan tersebut digencarkan karena dugaan sepak bola gajah yang dilakukan oleh Timnas Thailand U-19 dan Timnas Vietnam U-19 di fase grup.

Kedua tim tersebut lolos ke semi final setelah keduanya bermain imbang 1-1 di laga terakhir grup A. Hasil imbang di laga ini menuai kontroversi, pasalnya kedua tim seolah tidak mau mencetak gol lagi setelah skor berubah 1-1.

Melihat kejanggalan yang terjadi, netizen pun protes dengan menyerbu akun AFF. Desakan netizen memunculkan wacana PSSI yang pindah federasi ke EAFF. Netizen juga meramaikan akun Instagram AFF, PSSI, dan EAFF dengan desakan kepindahan PSSI.

PSSI sebagai federasi sepak bola resmi yang menaungi Timnas Indonesia U-19 juga melayangkan protes resmi ke AFF lengkap dengan bukti-bukti yang ada. Namun, sejauh ini belum ada balasan dan tindak lanjut dari AFF terkait kontroversi sepak bola gajah tersebut.

Akhirnya, PSSI menyampaikan jika pihaknya sudah membicarakan perubahan anggota federasi denhan EAFF. Hal tersebut disampaikan melalui Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang kerap disapa Iwan Bule.

“Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi). Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu,” tutur Iwan Bule dikutip Tempo.co pada Selasa, 19 Juli 2022.

Iwan Bule sendiri juga menyatakan jika PSSI tidak mungkin asal pindah federasi begitu saja. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, baik menyangkut masalah internal maupun eksternal. Ia pun menyampaikan harus mendiskusikan dulu dengan Komite Eksekutif (EXCO).

Netizen Indonesia juga tidak mau kalah dengan Iwan Bule. Mereka terus menyerbu dan cari perhatian di akun Instagram EAFF. Serbuan mereka tidak lain dan tidak bukan adalah untuk pindahnya PSSI ke EAFF.

Akun Instagram EAFF sendiri memperoleh kenaikan follower yang sangat drastis semenjak isu kepindahan PSSI dilantangkan. Sebelumnya, follower di akun Instagram EAFF hanya sekitar 300an saja. Sekarang setelah serbuan netizen Indonesia datang, follower akun Instagram EAFF mencapai sekitar 44,900an follower.

Hal tersebut agaknya menguntungkan pihak EAFF terkait promosi. Itu bisa saja menjadi pertimbangan EAFF terhadap Indonesia. Namun, kembali lagi, PSSI harus bisa mengatur dan mempertimbangkan untung dan ruginya jika PSSI ke EAFF.

Fabio Ferjiawan

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com