JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Puro Mangkunegaran Gelar Roadshow Kebudayaan ke Tiga Negara Selama Dua Bulan

Tampak depan Pendapa Puro Mangkunegaran / Foto: Suhamdani
   

SURAKARTA, JOGLOSEMAR.NEWSPuro Mangkunegaran menyelenggarakan misi kebudayaan ke Malaysia, Australia, dan Thailand mulai 16 Juli hingga 18 September 2022.

Dilansir dari Instagram @puromangkunegaran, kegiatan tersebut dilakukan dengan mengambil tajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 by Puro Mangkunegaran.

Borneo Cultural Festival di Malaysia pada 19-23 Juli 2022 menjadi kegiatan yang mengawali roadshow kebudayaan ini.

Disusul dengan Indonesia Day pada 20 Agustus 2022 di Australia dan diakhiri kegiatan International Roadshow di Thailand pada 16-18 September 2022.

GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo selaku Pembina Kemantren Langenpraja dalam rilis pers Puro Mangkunegaran (15/7/2022) menyebutkan, kegiatan itu sebagai wujud konkret atas visi dan misi Mangkunegaran terhadap kebudayaan dalam menggali, melestarikan serta mengembangkannya.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

“Kegiatan International Roadshow bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Mangkunegaran ke masyarakat internasional,” ungkapnya.

Sejalan dengan Gusti Sura, SIJ KGPAA Mangkoenagoro X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dalam akun Instagramnya (17/7/2022) juga menyebutkan harapan terhadap acara itu agar dapat menjadi sarana mengenal dan belajar bagi masyarakat internasional langsung dari Puro Mangkunegaran.

“Kami melihat banyak masyarakat di luar negeri, baik WNI maupun WNA, yang tertarik untuk turut mempelajari dan melestarikan kebudayaan Indonesia,” tulisnya.

Kemantren Langenpraja sendiri merupakan departemen kesenian resmi di Puro Mangkunegaran.

Penari-penari dari istana tersebut akan membawakan tarian-tarian khas Mangkunegaran, seperti Beksan Golek Montro, Gatotkoco Dadung Awuk, Srimpi Muncar, dan Bondoyudo.

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

Selain itu, akan diadakan workshop kesenian untuk masyarakat umum serta pengenalan kerajinan tradisional.

Kegitaan kebudayaan tersebut diinisiasi oleh KGPAA Mangkoenagoro X. Dia juga dijadwalkan akan menghadiri undangan dari Kerajaan Serawak dalam acara sambutan Peringatan Hari Sarawak pada 22 Juli 2022 mendatang.

Kemantren Langenpraja diselenggarakan melalui kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di tiga negara terkait.

Potensi kerja sama dalam bidang kebudayaan di tiga negara tersebut juga dilirik Puro Mangkunegaran, khususnya dengan universitas dan penggiat kebudayaan. Selain itu, dukungan dari pihak swasta maupun individu, seperti Bank Mandiri, BCA, BNI, dsb juga turut menyukseskan acara. Ade Safana Alawiyah

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com