JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ragam Manfaat Air Kelapa, Menyegarkan dan Kaya Elektrolit, Cocok Diminum Setelah Olahraga

Ilustrasi kelapa muda. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Air kelapa, merupakan minuman alami yang menyegarkan dan kaya akan khasiat untuk kesehatan. Tak ayal, banyak yang merekomendasikan meminum air kelapa untuk mengembalikan kesehatan dan kebugaran tubuh setelah olahraga atau sakit.

Dalam air kelapa terdapat kandungan elektrolit yang berfungsi sebagai hidrator atau menggantikan cairan tubuh yang hilan dalam waktu singkat.

Oleh karena itu air kelapa sering kali dikonsumsi oleh orang yang hobi berolahraga karena mampu menggantikan elektrolit yang hilang dalam waktu singkat.

Air kelapa juga baik untuk orang yang sedang berdiet. Namun, Natalie Rizzo, pakar diet yang juga pendiri Greenletes, mengimbau untuk mengonsumsi air kelapa dalam batas wajar karena masih mengandung sekitar 50 kalori dan 11 gram gula setiap porsinya.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Melansir dari laman Glamour, berikut empat manfaat air kelapa, terutama untuk orang yang gemar berolahraga.

1. Mengandung kalium

Kalium ditemukan dalam air kelapa dan bermanfaat bagi tulang dan otot serta kesehatan jantung. Setengah kaleng air kelapa memenuhi 16 persen kebutuhan kalium harian.

2. Dapat menurunkan kadar gula darah

Air kelapa dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa air kelapa bisa mengurangi hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan stres oksidatif.

3. Menghidrasi tubuh

Beberapa cairan akan hilang selama berolahraga, maka dari itu penting bagi Anda untuk meminum air kelapa yang langsung menghidrasi tubuh.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

“Jika berolahraga kurang dari 60 menit, air mungkin cukup untuk membuat Anda tetap terhidrasi. Untuk olahraga yang berlangsung lebih dari 60 menit, Anda mungkin perlu mengganti elektrolit yang hilang karena keringat, dan air kelapa dapat membantu mengatasi hal ini,” kata Rizzo.

4. Mengandung elektrolit

Ahli gizi menyetujui bahwa air kelapa ialah sumber elektrolit yang baik bagi tubuh terutama bagi orang yang aktif.

“Saya menggunakan air kelapa sebagai dasar untuk minuman olahraga buatan saya karena penuh dengan potasium, elektrolit yang hilang melalui keringat,” kata Rizzo.

Jika ingin membuat sendiri, tambahkan sejumput garam ke dalam air kelapa untuk menggantikan kehilangan natrium.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com