JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Daging Kalkun untuk Kesehatan

Ayam kalkun. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Di Amerika Serikat ayam kalkun merupakan hidangan wajib saat Thanksgiving Day. Tertapi ayam berukuran besar ini tidak begitu populer di Indonesia. Dalam bahasa latin ayam kalkun disebut dengan meleagris, dan telah menjadi hidangan khas sejak awal abad ke-19.

Dibanding dengan ayam kampung dan pedaging, kalkun memiliki rasa yang lebih lezat dan kaya protein.

Selain rasanya yang lezat, menurut jurnal yang diterbitkan Universitas Diponegoro, daging kalkun lokal memiliki berbagai manfaat bagi manusia. Di antaranya:

1. Protein tinggi

Dibanding daging ayam kampung maupun daging ternak lainnya, daging kalkun memiliki keunggulan berupa dagingnya yang lezat dan protein tinggi, yang merupakan penyusun otot, tulang, paru-paru, kulit, dan jaringan lainnya. Hal ini menjadikan kalkun salah satu jenis aneka ternak unggas yang layak dikembangkan sebagai sumber protein yang tinggi.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

2. Lemak relatif rendah

Sebagian besar asam lemak pada kalkun adalah lemak tak jenuh atau HDL dengan kandungan omega 6 (asam linoleat) dan asam oleat (minyak zaitun) yang tinggi.

Selain itu, kolesterol dalam daging kalkun lokal juga tergolong sangat rendah (15,15–18,45 miligram/100 gram daging segar). Sehingga produk olahan kalkun sangat bermanfaat dan cocok bagi orang-orang yang sedang diet kalori rendah, anti kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

3. Asam amino

Asam amino yang terkandung pada protein daging kalkun sangat lengkap dan sempurna seperti yang terdapat pada telur. Asam amino juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otot serta kecerdasan khususnya bagi anak-anak yang berusia 3–6 tahun.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

4. Mengontrol gula darah dan kolesterol

Paula Bartimeus dalam bukunya yang berjudul “The Top Ten Healing Foods” menuturkan satu-satunya daging yang direkomendasi dapat memulihkan kesehatan manusia adalah daging kalkun karena mengontrol gula darah dan kolesterol dalam tubuh manusia.

5. Membangkitkan selera

Daging kalkun lokal atau yang dikenal sebagai Meleagris gallopavo mempunyai rasa dan aroma serta tekstur yang baik dan cocok dikonsumsi oleh seluruh golongan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com