JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

Ilustrasi cabai rawit. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Makanan pedas disukai oleh sebagian orang di Indonesia. Bagi penyuka makanan pedas, mereka merasa kurang lengkap jika tak ada rasa pedas di dalam makanannya.

Di balik makanan berasa pedas adakah manfaatnya bagi kesehatan? Jika Anda adalah pencinta makanan pedas, maka sains ada di pihak Anda. Sebab, banyak penelitian menunjukkan, rempah-rempah yang menghasilkan rasa pedas bisa menjadi obat.

Lalu apakah rempah-rempah yang dimaksud dalam penelitian tersebut? Deretan rempah-rempah berasa pedas tersebut adalah kayu manis, kunyit, bawang putih, jahe, jinten, serta cabai. Memasukkan rempah-rempah itu ke makanan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga :  Sama-sama Herbal, Apa Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka?

Apa saja itu? Berikut penjelasannya seperti dilansir laman News Day Express pada pertengahan Agustus lalu:

1. Membuka peluang panjang umur

Menurut sebuah studi tahun 2015 oleh Harvard dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China, mengonsumsi makanan pedas enam hingga tujuh hari sepekan dapat meningkatkan harapan usia Anda. Studi tersebut mengungkapkan, menyantap makanan pedas mengurangi tingkat kematian hingga 14 persen.

Baca Juga :  Rasanya Segar, Ini Sederet Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

2. Meningkatkan metabolisme

Data dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu seperti jinten, kayu manis, kunyit, lada hitam, dan cabai bisa meningkatkan tingkat istirahat metabolisme Anda. Artinya, tubuh Anda tetap membakar kalori saat beristirahat. Itu membuat rasa lapar berkurang.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com