JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gratis, Kawin Suntik Sapi alias Inseminasi Buatan Tak Lagi Harus Bayar Straw dan Sarpras, Berlaku di Kabupaten ini

Penyakit Mulut dan Kuku
Pemeriksaan hewan ternak sapi dari penyakit mulut dan kuku. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kabar gembira bagi kalangan peternak di kabupaten terluas kedua di Jateng setelah Cilacap, Wonogiri.

Untuk keperluan kawin suntik alias Inseminasi Buatan atau IB, rencananya tidak ada lagi biaya sarana prasarana seperti pembelian straw, semen atau sperma.

Peternak yang akan menggunakan metode kawin suntik alias Inseminasi Buatan cukup membayar jasa tenaga penyuntik saja.

Baca Juga :  Jangan Ambil HP di ATM Kalau Tidak Mau Bernasib Sama Seperti Pemuda Boyolali di Wonogiri ini

Hal ini menyusul kebijakan Pemkab Wonogiri berencana untuk menggratiskan sarana dan prasarana (sarpras) Inseminasi Buatan (IB). Diharapkan hal itu bisa membantu peternak dan menjaga populasi sapi di Kota Mete.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan untuk mensukseskan hal tersebut, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar. Anggaran sebesar itu untuk sarpras penunjang IB.

Tujuan dari program itu adalah membantu petani atau peternak sapi yang ada di Kota Batu Gamping. Selain itu, menjaga jumlah populasi sapi yang ada di Wonogiri yang disebut-sebut mencapai 170 ribu ekor.

Baca Juga :  2 Kali Pohon Tumbang di Jatisari Desa Dawe Kecamatan Wuryantoro Wonogiri, Jalur Provinsi Wonogiri-Pracimantoro Tersendat

“Potensi populasi sapi di Wonogiri cukup besar. Kita lihat potensi ekonominya juga cukup bagus,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek, Rabu (10/8/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com