JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Hujan Lebat Guyur Kota Seoul Hingga Banjir, Pecahkan Rekor 80 Tahun Curah Hujan

(kiri) Tangkapan layar video mobil-mobil terendam banjir di jalanan Sooul, Video : @zero_freza4 (kanan) Foto sungai Dorimcheon mulai surut tengah malam (9/8/2022), Foto : Sweetboy_
(kiri) Tangkapan layar video mobil-mobil terendam banjir di jalanan Sooul, Video : @zero_freza4 (kanan) Foto sungai Dorimcheon mulai surut tengah malam (9/8/2022), Foto : Sweetboy_

JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan lebat mengakibatkan banjir di beberapa titik Seoul, Korea Selatan pada Senin (8/8/2022) malam. Jalan kota, bangunan, dan properti lain terlihat terendam air sebab curah hujan tinggi.

Menurut video-video yang dibagikan akun @karyodinasty dalam thread Twitter berisi perbaruan kabar banjir Seoul, tampak jalanan dipenuhi air hingga ke dalam stasiun bawah tanah. Moda transportasi umum maupun pribadi terendam air hingga tersisa sepertiga atas (mobil), lampu-lampu toko terlihat berkedip-kedip, aliran deras sungai yang meluap, sementara hujan masih terus mengguyur.

Korea Meteorological Administration (KMA) terlihat mengeluarkan dua peringatan cuaca hujan lebat pada pukul 4.40 PM dan 12.50 PM KST (8/8/2022). KMA melalui Yonhap News juga menyebutkan hal ini merupakan kali pertama dalam 80 tahun curah hujan per jam di Seoul melebihi rekor tertinggi 118,6 mm yang terjadi pada (5/8/1942) lalu.

Baca Juga :  Diguyur Hujan Selama 5 Jam Jalur Tanon Mondokan Sragen Banjir Parah

Pantauan Joglosemarnews melalui laman Naver bagian cuaca pada tengah malam (9/8/2022), suhu di Kota Seoul terpantau pada angka 26,1° di mana lebih rendah 2,2mm dari hari sebelumnya dan presipitasi 1,2mm. Sedangkan, beberapa titik banjir Seoul terpantau mulai surut dari laporan langsung warganet melalui kolom chat publik untuk cuaca.

“Jamsil hujah sudah berhenti sekarang,” lapor wal** dalam kolom chat.

“Hongdae, Hapjeong, dan Sinchon sudah tidak apa-apa,” tulis imal**.

“Sillim (daerah) seperti Dorimcheon (sebuah sungai), ketinggian air lebih rendah dari sebelumnyㅠ Tetapi aku lebih khawatir karena hujan di pagi hari,” tulis forge.

Baca Juga :  Diguyur Hujan Selama 5 Jam Jalur Tanon Mondokan Sragen Banjir Parah

Pengguna dengan nama Sweetboy_ turut melampirkan foto lokasi Dorimcheon yang sudah mulai surut.

“Ini adalah situasi dari Dorimcheon dekat Daehak-dong Community Center dan Hannam Transportation Seorim-dong Garage, foto diambil pada pukul 0:59 KST. Sekarang hujan sudah berhenti, tetapi menurutku akan bagus jika tidak ada hujan lagi,” tulisnya.

Sementara mobil-mobil memang terlihat berserakan dalam berbagai foto dan video yang beredar di media sosial. Lobang got juga terlihat menyemburkan air dan rusak akibat derasnya aliran.

“Gangnam sekarang airnya sudah pergi, mobil-mobil berserakan di jalan dan ini adalah sebuah perang yang lengkap,” tulis lovely.

“Ada lubang got di mana-mana. Berkendaralah dengan aman,” tambah Good day.

 Ade Safana Alawiyah

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com