JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

KKN-T di Dusun Sugihwaras, Mahasiswa Unisri Bagi Tips Kelola Keuangan Pasca Pandemi

Sosialisasi pengelolaan keuangan UMKM pasca pandemi oleh mahasiswa KKN-T Unisri di Karanganyar. Foto/Istimewa
   

KARANGANYAR- Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) adalah salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Dimulai dari Senin (18/7/2022), para mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta sudah diterjunkan ke desa tempat dijalankannya kegiatan KKN-T.

Para mahasiswa di bagi dalam beberapa kelompok dan disebar di beberapa kabupaten karisidenan Surakarta.

Salah satunya di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. KKN-T merupakan bentuk pengabdian dari mahasiswa untuk masyarakat secara langsung.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya mahasiswa harus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Salah satunya dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi mengenai hal-hal penting yang diperlukan masyarakat.

Kegiatan KKNT-T kali ini salah satu mahasiswa bernama Fardah Nur Khofifah mengadakan sosialisasi tentang “Pengaturan Keuangan UMKM Dalam Kebangkitan Perekonomian Pasca Pandemi”.

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Minggu (7/8/2022) bertempat di Aula Pertemuan Warga RT 03 RW 06, Dusun Sugihwaras, Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh para warga yang mayoritas adalah ibu-ibu. Diawali dengan pembagian brosur sebagai media yang mempermudah peserta dalam mengetahui inti dari sosialisasi.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan makan-makan dalam rangka perayaan HUT RI ke-77, sehingga berjalan santai namun tetap serius.

Selain itu kegiatan kali ini juga digabungkan dengan sosialisasi dengan judul lain namun masih bertema sama.

Beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah bagaimana cara UMKM untuk dapat mengatur keuangannya dengan baik supaya UMKM tersebut dapat bertahan dan berkembang ke arah yang lebih maju.

Warga dan hadirin sangat bersemangat dengan topik yang dibawakan karena merasa hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan usaha.

Walaupun tidak semua yang hadir memiliki usaha, namun hal ini mungkin bisa dijadikan penggerak untuk memulai membuka usaha sejak dini.

Sosialisasi ini juga untuk mendukung langkah pemerintah dalam membangkitkan UMKM guna menyokong perekonomian nasional di masa pasca pandemi.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberi manfaat kepada para warga Dusun Sugihwaras dalam menjalankan UMKM mereka. (***)

Penulis : Fardah Nur Khofifah
Mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi Surakarta

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com