JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pedagang Mengeluh Harga Sewa Stand Sekaten Mahal, Minta Gibran Turun Tangan

Alun-alun Utara Keraton Surakarta yang akan digunakan untuk kegiatan Sekaten. Foto : JSNews/Ando

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah pedagang mengeluhkan mahalnya harga sewa stand event Sekaten 2022 yang rencananya akan digelar di Alun-Alun Utara Keraton Surakarta pada 16 September-16 Oktober 2022 mendatang.

Iswandi, salah satu pedagang makanan oleh-oleh mengaku telah menyewa stand di Alun-Alun Utara tersebut seharga Rp 3,5 juta. “Harapan ke depannya Sekaten nggak usah dikelola vendor luar. Biar pihak keraton sendiri, karena kalau sudah pihak ketiga, mainkan harga. Sebelum pandemi yang mengelola keratin kan, lebih murah. Kalau alasan pihak vendor kan memfasilitasi tenda, tapi harga tenda sama lapak begitu mahal. Jadi harapannya biar kembali seperti semula,  istilahnya keraton jual kavlingannya saja. Tendanya sendiri, karena kebanyakan pedagang kan sudah punya tenda sendiri, keliling biasanya,” keluh Iswandi dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM .

Baca Juga :  85 Warung Kuliner Anjing Bertebaran di Solo, Gibran Segera Terbitkan Aturan

Iswandi mengatakan, dirinya telah berniat mengadukan hal tersebut kepada Pemerintah Kota Surakarta. Namun dirinya tidak paham mengenai alur perihal aduan tersebut. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pedagang lainnya yang mengeluhkan tingginya harga sewa.

Baca Juga :  Relawannya Hina Ustazah Ponpes Lirboyo, Ganjar Pranowo Mengklaim Tak Kenal Eko Kuntadhi

“Belum paham lewatnya mau ke mana kalau mengadu ke Pemkot. Tapi kalau sama temen-temen pedagang sudah ada obrolan via WhatsApp,” tandasnya.

Sementara itu Walikota Solo Gibran Rakabuming mengutarakan akan segera menindaklanjuti terkait hal tersebut. Pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta terkait masalah sewa stand Sekaten. Dirinya juga menyayangkan soal tingginya harga sewa yang ditetapkan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com