JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Tak Perlu Testing, Namun Cukup Vaksin Booster

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adi Sasmito / Republika

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seiring dengan melonggarnya kasus Covid-19, pemerintah bakal meniadakan kewajiban testing sebagai syarat pelaku perjalanan dalam negeri.

Sebagai gantinya, syarat perjalanan dalam negeri akan mewajibkan riwayat vaksinasi booster.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dia mengatakan, kebijakan disesuaikan karena aspek mobilitas banyak menyumbang kenaikan kasus.

“Sebagaimana arahan Presiden bahwa riwayat vaksin booster akan diwajibkan bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan testing tidak lagi menjadi syarat perjalanan,” kata dia dalam keterangan persnya secara daring, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga :  Gempa M5,8 Sukabumi, Guncangannya Terasa Hingga Jakarta

Wiku menjelaskan, kebijakan didasarkan karena Pemerintah hendak meningkatkan laju vaksinasi dosis terlengkap sesuai dengan persyaratan masing-masing sub populasi. Kedua, pemerintah juga hendak memaksimalkan modalitas kekebalan yang sudah ada dengan peningkatan aktivitas yang aman, tetapi tetap berkendali.

Sebab, antibodi yang terbentuk akiabt infeksi Covid-19 maupun vaksinasi bisa bertahan berkisar rata-rata 6-8 bulan ke depan, serta tergantung riwayat gejala maupun umur seseorang. Dia mencontohkan, kelompok lansia yang menurut penelitian jangka waktu antibodinya hanya 3 bulan pasca infeksi atau vaksinasi.

Baca Juga :  Diduga Terkait JAD, BNPT Sebut Pelaku Bom Bunuh  Diri di Polsek Astanaanyar Lone Wolf

Namun demikian, Wiku memastikan, pemerintah akan tetap menggencarkan surveilans walau akan ada peniadaan wajib testing. “Namun pemerintah berkomitmen melalui Kementerian Kesehatan akan terus melakukan surveillans aktif melalui berbagai jejaring dinas kesehatan di daerah sebagai bentuk kehati-hatian,” katanya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com