JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Pengembalian Perekonomian Masyarakat Pasca Pandemi

Sekar Safira K, mahasiswi Unisri. Foto/Istimewa

KARANGANYAR- Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas Slamet Riyadi yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Program KKN Tematik ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan sentuhan ilmu dan teknologi, serta meningkatkan dan mengembangkan ekonomi lokal masyarakat melalui manajemen usaha dan strategi pemasaran pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Dusun Sugihwaras, Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tentang pengelolaan manajemen, keuangan usaha.

Serta strategi pemasaran produk yang baik dan semenarik mungkin untuk mengikat konsumen agar tertarik kepada produk UMKM dan diharapkan kualitas, kemasan, harga mampu bersaing dan perluasan saluran penjualan melalui media sosial.

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Peringkat ke-16 PT Islam Terbaik di Dunia

Hal ini tentunya mendorong meningkatnya pendapatan dan pemulihan perekonomian masyarakat pelaku UMKM. Sosialisasi dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik kelompok 75 oleh Sekar Safira Kristanti program Studi Akuntansi yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Efi Nikmatu Sholikah, S.P, M.Sc. Yang bertemakan “Pengembalian Perekonomian Masyarakat Pasca Pandemi”.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 setelah acara senam sehat ibu-ibu dan dilanjutkan dengan makan-makan untuk memperingati HUT NKRI ke-77.

Sosialisasi pengembalian perekonomian masyarakat pasca pandemi di Dusun Sugihwaras, Desa Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar. Foto/Wardoyo

Sebelum acara makan- makan tersebut, Sekar yang di temani oleh 5 orang temannya yaitu Yopi, Lelly, Fardah, Fifi, dan Rama memberi sosialisasi kepada ibu-ibu UMKM Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, ibu-ibu sangat antusias untuk mendengarkannya.

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Peringkat ke-16 PT Islam Terbaik di Dunia

Setelah kami selesai memberikan sosialisasi, ada ibu- yang meluapkan perasaannya yang mengalami penurunan usahanya dan ada juga yang mengalami kendala dalam berusaha selama pandemi 2 tahun ini terutama soal pemasaran dan modal yang terbatas.

Dari cerita yang diluapkan ibu salah satu warga Dusun Sugihwaras tersebut direspon baik oleh Sekar dan Sekar berusaha memberi solusi bagaimana cara dan trik untuk meningkatkan penjualan tersebut.

Target inti dari sosialisasi ini harapannya UMKM di Dusun Sugihwaras dapat kembali pulih serta dapat meningkat penjualan, terwujudnya manajemen usaha dan strategi pemasaran yang baik.

Sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, pendapatan dan perekonomian masyarakat di Dusun Sugihwaras setelah mengalami pandemi tersebut.(***)

Penulis:
Nama : Sekar Safira K
NPM. : 19210090
Prodi : Akuntansi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com